Efektivitas Buku Perubahan Konseptual dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • I Gusti Ngurah Dwija Putra Program Studi S2 Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Subagia Program Studi S2 Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Istri Agung Rai Sudiatmika Program Studi S2 Pendidikan IPA, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.74587

Keywords:

Efektivitas, Buku Perubahan Konseptual, Pembelajaran Fisika

Abstract

Keterampilan berpikir kritis digunakan untuk memecahkan masalah dan mencari informasi penting dari sumber yang beragam. Oleh karena itu, penanaman keterampilan berpikir kritis penting dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui penggunaan buku perubahan konseptual dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan menggunakan tes berbentuk essay. Data efektivitas keterampilan berpikir kritis yang diperoleh dari pretest dan post-test disajikan dalam bentuk gain skor ternormalisasi. Buku yang digunakan dikatakan efektif jika lebih dari 80% peserta didik memiliki gain score ternomalisasi minimal tergolong ke dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku perubahan konseptual dalam pembelajaran fisika efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hal ini tampak bahwa lebih dari 80% peserta didik memiliki skor N-gain minimal berkategori sedang. Skor ¬N-gain yang tersebar pada tiga kategori yaitu 8 orang tinggi, 24 orang sedang, dan 4 orang rendah. Temuan dalam penelitian ini adalah keterampilan mengatur strategi dan taktik masih rendah, bagi peneliti disarankan menggunakan soal yang merata pada masing-masing indikator sehingga hasil yang diperoleh dapat merepresentasikan kemampuan peserta didik. Bagi peneliti lain disarankan jika menyusun tes keterampilan berpikir kritis berbasis konten hendaknya jumlah butir soal untuk setiap indikator keterampilan berpikir kritis cukup banyak.

References

Akhyatussyifa, U., Anwar, A. A., Rosyada, A., & Fitroh, A. (2023). Analisis Fungsi , Peran , dan Kategori Sintaksis pada Teks Cerita dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Kurikulum Merdeka. 1(1).

Anggara, B. (2020). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Sebagai Tes Diagnostik Miskonsepsi Matematis Siswa Sma. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(2), 176–191. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.18387.

Anggreni, Y. D., & Yohandri, Y. (2022). Pengembangan E-book Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Keterampilan 4C Untuk Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(2), 117–127. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/695.

Arraman, B. C., & Hazmi, N. (2018). Analisis Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013. KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 1(2), 122–140. https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.404.

BSKAP. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Chamidin, & Muhdi, A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Jurnal Kependidikan, 10(2), 287–300. https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8200.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Informal Logic, 6(2), 1–8. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2729.

Eraikhuemen, L., Ogumogu, A. E., Studies, C., & State, E. (2014). an Assessment of Secondary School Physics Teachers Conceptual Understanding of Force and Motion in Edo. 5(1), 253–262.

Ginting, D. O., Argiandini, S. R., & Suwandi, S. (2023). Analisis Kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Belajar. Kode : Jurnal Bahasa, 12(1), 107–120. https://doi.org/10.24114/kjb.v12i1.44399.

Hadi, H., Agustina, S., & Pendidikan Geografi STKIP Hamzanwadi Selong, P. (2016). Pengembangan buku ajar geografi desa-kota menggunakan model ADDIE. E-Journal.Hamzanwadi.Ac.Id, 11(1), 90–105. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/269.

Hasudungan, A. N. (2021). Pengunaan Buku Teks Sejarah Indonesia Pada Satuan Pendidikan Menengah atas Dalam Kurikulum 2013. Education & Learning, 1(1), 12–19. https://doi.org/10.57251/el.v1i1.11.

Hesti, H. V., Novianti, R., & Tarigas, E. Y. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Trigonometri. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 105–116. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.17.

Ivie, S. D. (2017). Metaphor: A Model for Teaching Critical Thinking. Contemporary Education, 72(1).

Khairuntika. (2016). Metode Socrates dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), I(ISSN: 2502-6526), 89–98. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6945/9_17_Makalah Rev Khairuntika.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Khoiri, H., Wijaya, A., & Kusumawati, I. (2017). Identifikasi miskonsepsi buku ajar fisika SMA kelas X pada pokok bahasan kinematika gerak lurus. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2), 60–64.

Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 14–21.

Lee, G., Kwon, J., Park, S. S., Kim, J. W., Kwon, H. G., & Park, H. K. (2003). Development of an instrument for measuring cognitive conflict in secondary-level science classes. Journal of Research in Science Teaching, 40(6), 585–603. https://doi.org/10.1002/tea.10099.

Leicester, M., & Taylor, D. (2020). Critical thinking across the curriculum. Open University Press.

Lestari, P. N. S. S., Redhana, I. W., & Subagia, I. W. (2022). Pengaruh Buku Ajar Kimia Elektronik Berbasis Budaya Lokal Bali Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2279–2285. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.1881.

Mahanal, S. (2017). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1(September 2014), 1–16.

Manalu, E. (2020). Analisis Miskonsepsi Buku Ajar Fisika Sma Kelas X Pada Materi Pengukuran Dan Besaran. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 15–35.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.

Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Petunjuk Praktikum Ipa Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Pada Mahasiswa Pgsd. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 348–358. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2917.

Nandaria, Silitonga, H. T. M., & Oktavianty, E. (2021). Respon Peserta Didik Terhadap Bahan Ajar Berstruktur Refutation Text Tentang Momentum dan Impuls SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5), 1–11.

OECD. (2022). Are Students Ready to Take on Environmental Challenges? In PISA, OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/are-students-ready-to-take-on-environmental-challenges_8abe655c-en.

Özkan, G., & Selçuk, G. S. (2013). The use of conceptual change texts as class material in the teaching of “sound” in physics. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 14(1), 1–22.

P21. (2007). Framework for 21st century learning. P21 Partnership for 21st Century Learning, 2. http://static.battelleforkids.org/documents/p21/P21.

P21. (2019). Partnership for 21st Century Learning A Network of Battelle For Kids Frameworks for 21st Century Learing Definitions. Framework For21" Century Learning, 9. https://static.battelleforkids.org/documents/p21/P21_Framework.

Perdana, G. P., Ketut, S., & Pujani, N. M. (2018). Pengaruh struktur teks terhadap penguasaan konsep dan penurunan miskonsepsi pada listrik dinamis. 3(1), 13–18.

Puspitasari, E., Dwi Aristya Putra, P., & Handayani, R. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 44–52. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.465.

Putra, M. I., Neliwati, N., Azmar, A., & Azhar, A. (2022). An Analysis of Madrasah Curriculum and Its Implementation in Basic Education Institutions. Jurnal Basicedu, 6(6), 9565–9572. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4102.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Salamiyah, Z., & Kholiq, A. (2020). Pengembangan Ecthing (E-Book Creative Thinking) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Smk Pada Materi Hukum Ohm. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 342–348. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p342-348.

Saptono, N., & Iswatun, C. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Pembelajaran Reaksi Redoks di Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1085–1093. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.746.

Silva, E. (2009). Measuring Skills for 21st-Century Learning. Phi Delta Kappan, 90(9), 630–634.

Suma, K. (2016). Pengaruh Teks Sangkalan Terhadap Pencapaian Konsep Siswa tentang Hukum Pertama dan Ketiga Newton. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 69–81.

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the teaching and learning process in primary schools correspond to the characteristics of the 21st century learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357–370. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13325a.

Sundari, D. P., Parno, & Kusairi, S. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Model Pembelajaran Terintegrasi. Jurnal Kependidikan, 2(2), 348–360.

Sundari, D. P., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149–161. https://doi.org/10.24014/jnsi.v5i1.15468.

Syuhendri. (2017). Pengembangan Teks Perubahan Konseptual (TPK) untuk Pengajaran Perubahan Konseptual. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(October 2017), 682–691. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/733.

Tomlinson, B. (2011). Material Development in Language Teaching (C. U. Press (ed.); 2nd ed.).

Ufairiah, Q. R., & Laksanawati, W. D. (2020). Identifikasi Masalah Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Guna Mengetahui Pengaruh Model Dan Pendekatan Pembelajaran. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 2(1), 75–81. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/1378.

Utami, B., Saputro, S., Ashadi A., Masykuri, M., & Mulyani, B. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif. 3(2), 141–145.

Widodo, S., & Risky, K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C Di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. https://www.researchgate.net/publication/348742516.

Yusliani, E., Burhan, H., & Nafsih, N. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%.

Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 2, 1–17.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

I Gusti Ngurah Dwija Putra, I Wayan Subagia, & Istri Agung Rai Sudiatmika. (2024). Efektivitas Buku Perubahan Konseptual dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 580–589. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.74587

Issue

Section

Articles