Pengaruh Pembelajaran Saintifik Think Pair Share (S-TPS) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD

Authors

  • Oktaviastuti Awalia Fajrin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Kota Salatiga
  • Naniek Sulistya Wardani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Kota Salatiga
  • Tego Prasetyo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Kota Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17177

Keywords:

pendekatan saintifik, TPS, minat belajar

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konfensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Saintifik Think Pair Share (S-TPS) terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan dengan desain quasi experiment research. Teknik pengambilan sampel adalah purposive stratified quota sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas 5A SDN Cebongan 02 sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol, dan siswa kelas 5B SDN Cebongan 02 sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data non tes menggunakan instrumen berupa angket yang berisi 20 pernyataan. Teknik analisis data adalah uji t, dengan syarat uji t adalah normalitas data pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Normalitas kelas eksperimen dengan Df. 24 dan Sig. 0,251 > 0,05, maka kelas eksperimen berdistribusi normal. Kelas kontrol dengan Df. 22 dan Sig. 106 > 0,05, maka kelas kontrol berdistribusi normal. Homogenitas kedua kelas dengan Sig. 0,781 > 0,05, maka kedua kelas homogen. Uji t dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,021 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran S-TPS terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD, dan hasil t-hitung 2,399 > 2,067 t-tabel, maka terdapat perbedaan pembelajaran S-TPS terhadap minat belajar siswa kelas 5 SD.

References

Abdul Majid dan Chaerul Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kuirikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, R., & Hawadi. (2004). Akselerasi: A-Z Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. dan Z. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djiwandono, S. E. P. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas, dkk. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2014. Surabaya: PT. Kata Pena.

Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329–344.

Mulyasa, H. E. 2014. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117–133.

Nemeth, J., & Long, J. G. (2012). Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning Studio Courses. Journal of Planning Education and Research. Journal of Planning Education and Research, 32(4), 476–490.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardani, E. P., Mardiyana, M., & Subanti, S. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Lingkaran Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(3), 328–340.

Young, M. E., Klemz, B. R., & Murphy, J. W. (2003). Enhancing Learning Outcomes: The Effects of Instructional Technology, Learning Style, Instructional Methods and Student Behavior. Journal of Marketing Education, 25, 130.

Downloads

Published

2019-03-26

How to Cite

Fajrin, O. A., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Think Pair Share (S-TPS) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17177