Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example Terhadap Minat Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19457Keywords:
saintifik, example non example, minat belajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan minat belajar siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran saintifik Example Non Example (S-ENE) terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive stratified quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen lembar observasi yang dilengkapi rubrik penilaian minat belajar. Teknik analisis data menggunakan uji t. Kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal yakni df. 24, sig. 0,129 > 0,05, dan df. 27, sig.0,053 > 0,05. Kedua kelas eksperimen dan kontrol adalah homogen yang ditunjukkan dengan sig. 0,723> 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran S-ENE terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. T-hitung 4,802 > 2,095 t-tabel, maka terdapat perbedaan pembelajaran S-ENE dan pembelajaran langsung terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD.
References
Abdul, M. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Agustina, Y. (2011). Kemampuan Guru Menciptakan Iklim Komunikatif di kelas. Jakarta: Aditya Media Publish.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.
Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan & Kebudayaan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar & Menengah. Jakarta.
Eva, M. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 29–34.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, B., & dkk. (2009). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhadi, M., Anitah, S., & Akhyar, M. (2014). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Exampel Non Exampel Dan Jigsaw Terhadap prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SD N Di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 113–126.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Ranika Cipta.
Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1).
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)