Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17661Keywords:
word square, media gambarAbstract
Hasil belajar IPA siswa kelas V SD dengan model pembelajaran konvensional sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa kelas V SD yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimen) dengan rancangan non equivalent posttest only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 190 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V berjumlah 28 siswa dan kelas V berjumlah 26 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (9,143) > ttabel (2,021). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (19,96) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (15). Dengan demikian, model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD.
References
Aingsih, N. N. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Pupuan. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 1(1).
Dimyati;Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, & Zain. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hasni, M. Y. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lari Estafet Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 39–44.
Hermandannu, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Menigkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. JPGSD, 6(12), 2201–2210.
Kurniasari, M. N. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tegallalang. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 1(1).
Lestari, G. A., Negara, I. G. A. O., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Lingkungan terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. . . E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2).
Lestari, K. T. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word SquareTerhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 1(1).
Muriana, D. G. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SD Desa Tista Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 2(1).
Perdani, I. G. A. M., Gading, K., & Riastini, P. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda di Kelas IV SD. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1).
Pindo, H., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal) PGSD FIP UNIMED, 8(2), 2–8.
Putri, A. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif dan Cara Penggunaannya Semester 2 Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri TA 2015/2016. Simki-Pedagogia, 1(11), 2–8.
Rooijakkers, A. (1991). Mengajar Dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Sukandheni, L. P., Suadnyana, I. N., & Putra, K. N. S. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 2(1).
Swapranata, A. A. N. A., Riastini, P. N., & Japa, I. G. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa KELAS V Semester Genap. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 4(1), 1–11.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Budi Aksara.
Widiartini, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Kelas V SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 2
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)