Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458Keywords:
youtube, pengembangan, pop-up book, perkembangbiakan tumbuhan dan hewanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book pada topik perkembangbiakan tumbuhan dan hewan kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, karena keterbatasan waktu, tenaga, dan sumber daya, maka penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap pengembangan. Tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah media pop-up book pada topik perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada 2 orang guru dan 2 orang dosen sebagai ahli. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas media pop-up book adalah rating scale berupa lembar penilaian media pop-up book oleh ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media pop-up book. Nilai rata-rata validitas media pop-up book yang diperoleh adalah 4.85 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka media pop-up book yang dikembangkan pada topik perkembangbiakan tumbuhan dan hewan dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas VI sekolah dasar.
References
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Ambarsari, D. W., & Hartono, B. 2017. "Pengembangan Media Pop Culture UP Rumah Adat Jawa untuk Pembelajaran Menyusun Teks Deskripsi pada Peserta Didik SMP Kelas VII". Jurnal Semantik, Volume 6, Nomor 2, (hlm. 1–10).
Anggraini, dkk. 2019. "Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on Temperature and Changes in Matter". Journal of Physics, (hlm. 1–9).
Baiduri., dkk, 2019. "Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP". AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Volume 8, Nomor 1, (hlm. 248–261).
Bire., dkk. 2014. "Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa". Jurnal Kependidikan, Volume 44, Nomor 2, (hlm. 168–174).
Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disetrai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.
Dewanti, Handaruni., dkk. 2018. "Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo". JKTP, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 221–228)
Fadillah, Rachmadini Nur & Ika Lestari. 2016. "Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Bercerita Siswa Sekolah Dasar". Perspektif Ilmu Pendidikan, Volume 30, Nomor 1 (hlm. 21–26).
Ibda, Fatimah. 2015. "Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget". Intelektualita, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 27–38).
Inah, Ety Nur. 2015. "Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa". Al-Ta’dib, Volume 8, Nomor 2 (hlm. 150–167).
Indriani. 2019. Hasil PISA Tunjukkan Perspektif Pendidikan Indonesia. Antarnews.
Karo-Karo, Isyan Rasyid & Rohani. 2018. "Manfaat Media dalam Pembelajaran". AXIOM, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 91–96).
Khoiriyah, Evi & Eka Yuliana Sari. 2018. "Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018". Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Volume 2, Nomor 2 (hlm. 22–32).
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kumara, Amitya. 2004. "Model Pembelajaran “Active Learning” Mata Pelajaran Sains Tingkat SD Kota Yogyakarta Sebagai Upaya Peningkatan “Life Skills”. Jurnal Psikologi, Nomor 2, (hlm. 63–91).
Kusnandi. 2017. "Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implimentasi Konsep “Dare to be Different". Journal Wahana Pendidikan, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 132–144).
Lubis, Rahmat Rifai. 2018. "Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Peserta Didik (Konsep dan Pola Penerapan Dalam Desain Instruksional)". Jurnal Hikmah, Volume 15, Nomor 1 (hlm. 28–34).
Maimunah. 2016. "Metode Penggunaan Media Pembelajaran". Jurnal Al-Afkar, Volume 5, Nomor 1 (hlm. 1–24).
Masturah, Elisa Diah., dkk. 2018. "Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar". Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 6, Nomor 2 (hlm. 212–221).
Monika, Icha. 2014. "Uji Aktivitas Ekstrak Kencur terhadap Pengendalian Pertumbuhan Fusarium oxysporum dan Implementasinya dalam Pembuatan Flipbook". Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 1–14).
Muhali. 2019. Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 25–50).
Mustika, Rieka. 2015. "Media Pembelajaran Sistem Audio untuk Pemberdayaan Pendidikan di Komunitas Masyarakat". Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, Volume 6, Nomor 1 (hlm. 57–68).
Ningtiyas, dkk. 2019. "Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Mata Pelajaran IPA BAB Siklus Air dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa". Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 115–120).
Oktaviarini, Nourma. 2017. "Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan dan Alam Sekitar untuk Siswa Kelas IV SD di Kabupaten Blitar". Jurnal Pena SD, Volume 03, Nomor 01.
Rizal, Daviq. 2018. "Pendampingan Peningkatan Mutu Madrasah melalui Pembelajaran Aktif dan Manajemen Sekolah". Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, Volume 18, Nomor 2, (hlm. 327–344).
Safri, Meilia., dkk. 2017. "Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia", Volume 05, Nomor 01, (hlm. 107–113).
Santosa, Alif Satria Egar., dkk. 2017. "Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer Dan Jaringan di SMK TI Bali Global Singaraja". Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Volume 6, Nomor 1, (hlm 62–72).
Sholikhah, Aimatus. 2017. "Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Kelas V SDN Rowoharjo Tahun Ajaran 2016/2017". Simki-Pedagogia, Volume 01, Nomor 08 (hlm. 1–8).
Tegeh, I Made & I Nyoman Jampel. 2017. Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wati, Elis Trisdiana & Ulhaq Zuhdi. 2017. "Pengaruh Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem Kelas V SDN Karangpilang 1 Surabaya". JPGSD, Volume 05, Nomor 03 (hlm. 913-923).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)