Pengaruh Literasi Keuangan, Akses Modal, Dan Motivasi Pelaku Usaha Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Pada UMK Di Kecamatan Buleleng
DOI:
https://doi.org/10.23887/vjra.v13i2.78444Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh literasi keuangan, akses modal, dan motivasi pelaku usaha terhadap peningkatan kinerja Usaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Buleleng. Adapun variabel independen dalam penelitian ini yakni Literasi Keuangan, Akses Modal, dan Motivasi Pelaku Usaha dan variabel dependen dalam penelitian ini yakni peningkatan kinerja usaha. Populasi dalam penelitian ini yakni 1.346 Usaha Mikro dan Kecil di Kecamatan Buleleng dengan menggunakan teknik penentuan sampel yaitu convenience sampling dan rumus slovin. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 226 pelaku usaha. Pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert dan kuesioner didistribusikan menggunakan dua cara, yaitu mendatangi langsung ke tempat usaha dan dengan mengirimkan kuesioner menggunakan google form melalui aplikasi WhatsApp. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner oleh responden dan data sekunder dalam penelitian ini yakni data yang diperoleh dari Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Buleleng. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23 for windows. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa (1) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja usaha, (2) Akses modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja usaha, dan (3) Motivasi pelaku usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja usaha.
Kata kunci: Literasi Keuangan, Akses Modal, Motivasi Pelaku Usaha, Peningkatan Kinerja Usaha
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.