Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i1.30984Keywords:
Motivasi, Pembelajaran PJOK, Pandemi Covid-19Abstract
Adanya pandemi covid-19 yang menyerang sebegian besar masyarakat Indonesia, mengharuskan masyarakat untuk melaksanakan semua kegiatan dari rumah termasuk kegiatan belajar mengar. Kegiatan belajar mengajar di masa pandemi dilaksanakan dengan moda daring. Namun pada proses pelaksanaannya pembelajaran daring tidak dapat berjalan dengan maksimal dan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 di kelas VIII SMP. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP dengan jumlah keseluruhan 210 orang. Sampel penelitian ini menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil penelitian ini adalah dari 52 orang peserta didik sebanyak 19 orang berkategori sangat tinggi, 27 orang berkategori tinggi, 5 orang berkategori sedang, 1 orang berkategori rendah. Hasil penelitian motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 di kelas VIII SMP mendapat skor rata-rata 58 dalam skala kategori tinggi. Maka, bisa disimpulkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 di kelas VIII SMP berkategori tinggi. Studi ini memberikan implikasi praktis sebagai tolak ukur penilaian yang guru laksanakan dalam pembelajaran PJOK.
References
Abdillah, R. H. (2020). Efektifitas BION (Bintang Online) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184–198.
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi dalam Pembelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of EST, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Ardan, M., Rahman, F. F., & Geroda, G. B. (2020). The influence of Physical Distance to Student Anxiety on COVID-19, Indonesia. Journal of Critical Reviews, 7(17), 1126–1132. https://doi.org/10.31838/jcr.07.17.141
Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learninf di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1), 16–28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630
Bellina, S., Cahyaningrat, C. T. T., & Putri, A. S. T. (2020). Dampak Karantina Wilayah terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal IlmiahDunia Hukum, 5(1), 18–30.
Bhetherem, I. M., Mahardika, I. M. S. U., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Tingkat Motivasi dan Model Aktivitas Jasmani Siswa dan Guru SMAN 2 Sumenep di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 499–455. https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1455
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, Sari Putri Deta. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57 Motivasi
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fajar, M. (2014). Peranan Intelegensi terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Multilateral, 16(1), 58–66. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664
Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi. Jornal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2), 1–10.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8.
Hendri, G., & Azis, I. (2020). Motivasi Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Patriot, 2(1), 171–181.
Jauhar, M. N., Sambira, & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhapad Pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di sekolah luar biasa. Journal STAND: Sports and Development, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2594
Kurniawan, O. E. P., & Hariyoko. (2020). Kurniawan, O. E. P & Hariyoko. (2020). Survei Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sport Science and Health, 2(2), 114–118.
Kustria, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Peserta Didik Sma/SMK di Kecamatan Rendang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646
Mandailina, V., Syaharuddin, Pramita, D., Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021). Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(02), 120–129. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Nur, L., & Malik, A. A. (2020). Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani: Penerapan Teknik Memotivasi Teaching by Invitation pada Pendekatan Teknis. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 31–36.
Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p115
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara, 21(1), 1–9.
Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3760
Riyoko, E. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Menengan Pertama dalam Pembelajaran Atletik. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2463
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP di Masa Pandemi Covid 19 se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343
Sugiarto, B. G. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Inklusi. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(2), 105. https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3011
Sukawati, S. (2021). Pemanfaatan Zoom Meeting dan Google Classroom dalam Mata Kuliah Inovasi. Jurnal Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54
Suryawan, I. P. H., Adi, I. P. P., & Semarayasa, I. K. (2020). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. International Journal of Sport & Tourism, 2(2), 38–45. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34856
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Syahruddin. (2020). Kebugaran Jasmani bagi Lansia saat Pandemi Covid-19. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(2), 232–239. https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.943
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring PJOK selama Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di SMAN 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229.
Utami, S., & Hardiman, F. B. (2021). Analisis Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah dengan Kurikulum Asing: Sebuah Studi Kasus Sekolah Xyz [An Analysis of Indonesian Language Learning Motivation Using Foreign Curriculum: A Case Study at School Xyz]. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 17(2), 251–268. https://doi.org/10.19166/pji.v17i2.2639
Wiraguna, I. N., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2020). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pjok Peserta Didik Sma Di Kecamatan Bangli dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185–194. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672.
Wiraguna, I. N., Parwata, I. G. L. A., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi mengikuti pembelajaran PJOK peserta didik SMA di Kecamatan Bangli dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 185–194. http://dx.doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30672
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)