Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31241Keywords:
Sarana, Prasarana, PJOKAbstract
Pandemi covid-19 yang terjadi saat ini memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Hal tersebut dapat mempengaruhi motivasi peserta didik dalam berolahraga di masa pandemic covid-19. Dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta dalam mengikuti pembelajaran PJOK dimasa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 165 orang. Sampel penelitian ini menggunakan non rondom sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 41 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil penelitian ini adalah dari 41 orang peserta didik sebanyak 14 orang berkategori sangat tinggi, 26 orang berkategori tinggi dan 1 orang berkategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 mendapat skor rata-rata 63 dalam skala kategori dikatakan tinggi. Kesimpulan dari penjabaran diatas ialah motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi covid-19 tahun ajaran 2020/2021 berkategoi tinggi.
References
Allen, I. E., & Seaman, J. (2016). Online Report Card: Tracking Online Education in the United States . Babson Park, MA: Babson Survey Research Group and Quahog Research Group.
Ardan, M., Rahman, F. F., & Geroda, G. B. (2020). The influence of physical distance to student anxiety on COVID-19, Indonesia. Journal of Critical Reviews, 7(17), 1126–1132. https://doi.org/10.31838/jcr.07.17.141.
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pe ndidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Multilateral, 16(1), 78 – 92.
Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learninf di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1), 16–28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630.
Ayatollah. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Media Nyata Pada Kelas IV SDN 3 Sepit Tahun Pelajaran 2017/2018. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 61–82. https://doi.org/10.36088/fondatia.v2i2.127.
Bildhonn Y, A. F. (2017). Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Relaksasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Profesionalisme Tenaga Profesi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Olahraga, 274 – 280. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.%0Aphp/por/article/view/666/348.
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 217–226.
Cárdenas-Robledo, L. A., & Peña-Ayala, A. (2018). Ubiquitous learning: A systematic review. Telematics and Informatics, 35(5), 1097–1132.
Elida. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas Ix.7 Smp 21 Kota Pekanbaru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together. DINAMISIA-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13 5-1 43. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1077.
Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.
Faridah, E. (2016). Mengajar pendidikan jasmani melalui permainan “ide kreatif mengoptimalkan aspek pedagogis.” Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 38–53.
Fauziah, A. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 47–53. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594.
Ginanjar, A., Suherman, A., Juliantine, T., & Hidayat, Y. (2020). Pengaruh fase sport education menggunakan bola basket terhadap aktivitas fisik siswa dalam pendidikan jasmani. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 3 32-3 4 7. https://doi.org/10.29407/js_unpgri. v6i2.14173.
Harianto, M. I. F., & Hartati, S. C. Y. (2016). Perbandingan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gondang dengan MTS Miftahul Ulum Gondang, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Jasmani, 4(2), 301–306.
Hartanti, M. D., Nurhasan, & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sirkuit Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dribble Dan Shooting Bola Basket. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8614.g6741.
Hasmori, A. A., Sarju, H., & Norihan, I. S. (2011). Pendidikan, kurikulum, dan masyarakat: satu integrasi. Journal of Edupres, 1(September), 350–356. https://doi.org/10.1111/j.1467-9248.1977.tb01289.x.
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221–228.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71 – 81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256.
Islamiyah, N. A., & Priambodo, A. (2019). Perbandingan tingkat motivasi belajar siswa antara kelas unggulan dan non unggulan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 297–300.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665–675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671.
Jamal, S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V III SMP N 2 Srumbung. Social Studies, 6(4), 469 – 479.
Koc, Y. (2017). The Effect of “Physical Education and Sport Cult ure” Course on the Attitudes of Preservice Classroom Teachers towards Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 6(4), 200. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n4p20.
Lesmana, H. S. (2018). Peran Motor Educability Di Dalam Meningkatan Keterampilan Olahraga Pada Pembelajaran Penjas. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara, 1(1), 115–125. https://doi.org/10.31851/hon.v1i1.1507.
Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di Sma Muhammadiyah Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(1), 1–10. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pjk/article/view/681/505.
Munandar, A., & Hartati, S. C. Y. (2016). Perbandingan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas 3 dan kelas 5 di SDN Jatilangkung Mojokerto. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1), 231–235.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116.
Rachmah, L. L., Sunaryanto, S., & Yuniastuti, Y. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar p ada Prestasi Belajar IPS Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1168–1176.
Ramadhana, W., & Tuasikal, A. R. S. (2018). Pengaruh permainan modifikasi bola basket terhadap minat belajar siswa kelas V MI NU Tropodo Waru Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 06(02), 276–279.
Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2021). Evaluasi Pembelajaran PJOK Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV - VI SD Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 328–338.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Sadikin, I. S., Lestari, S., & Aini, S. (2020). Pembelajaran Daring Interaktif, Bermakna dan Menarik sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran masa Pandemi Covid -19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 897–905. https://doi.org/10.30653/002.202054.647.
Sardiman, A. (2011). Interaksi dan motiasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043.
Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397.
Suherman, H. dan M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Sekolah Dasar. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186.
Suryaningtyas, D. (2020). Bekerja dari rumah: implementasinya pada U-Learning selama pandemi virus Covid-19. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 16(2), 73–81. https://doi.org/10.21067/jem.v16i2.4837.
Wirawan, M. S. (2017). Motivasi masyarakat terhadap olahraga futsal. Jurnal Pendidikan Kesehatan Dan Rekreasi, 7(3), 17–25.
Yulianto, S., Roesdiyanto, & Sugiharto. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembang, 2(1), 130 — 140. https://doi.org/10.17977/jp.v2i1.8477.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)