Video Tutorial Materi Teknik Dasar Dribbling Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57281Keywords:
Video Tutorial, Bola Basket, ADDIEAbstract
Kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran berpengaruh terhadap aktivitas olahraga khusunya olahraga basket. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada materi dribbling bola basket untuk peserta didik kelas X SMA dan untuk mengetahui validasi dari ahli materi/isi pembelajaran, desain dan media pembelajaran, ahli praktisi lapangan, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil rancang bangun media pembelajaran berbasis video tutorial terdiri dari; pembukaan, perkenalan diri, penayangan cuplikan video, penayangan materi, dan penutup. Berdasarkan hasil validitas produk, didapatkan hasil dari ahli materi 91,7% berkualifikasi sangat baik, ahli desain dan media 98,7% berkualifikasi sangat baik, ahli praktisi lapangan 96,7% berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan 97,7% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil 96,3% berkualifikasi sangat baik, dan uji lapangan 98,7% berkualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa video tutorial ini sangat layak digunakan seagai media pembelajaran.
References
Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Pada Praktikum Biologi. EDUSAINS, 13(1). https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015
Aini, H. N., & Taufiq, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan, 6(2), 519–525.
Ali, M., Ilham, I., & Iqroni, D. (2023). Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Basketball Dribbling. JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ), 23(1). https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.2996. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.2996
Aprilia, L. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530. DOI: https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530
Artika, I. K. G. W., Darmayasa, I. P., & Ni PT. Dwi Sucita Dartini. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(2), 56–161. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.43109. DOI: https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.40619
Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568
Emanuela, G., Kartikasari, F. D., & Dinata, H. (2019). Pembuatan Video Tutorial Strategi Bertahan Dan Menyerang Dalam Permainan Bola Basket. Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (Maret), 7(2). Retrieved from https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3590.
Erni, E., & Farihah, F. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahit Dalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 121–131. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.30397
Fitriyanto, H., Sudiana, I. K., & Wijaya, M. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Bola Basket. JURNAL PENJAKORA, 7(1), 57–68. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24441. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24441
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Kartika, I. A. N. A. Y., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Pointing dalam Permainan Petanque. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 74–83. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45030. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45030
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305
Khoiriah, M. A., Sujarwo, S., & Handayani, P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Tutorial dan Gambar Terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Obsesi, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3197. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3197
Liow, I., Palilingan, V. R., & Komansilan, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa SMK. EduTIK Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 147–151. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3418. DOI: https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3418
Mardiana, A., Doewes, M., & Purnama, S. K. (2019). Development of learning media based on video tutorial on basketball based shooting techniques. Journal of Education, Health and Sport, 9(5), 298–303. Retrieved from https://apcz.umk.pl/JEHS/article/view/6925.
Megawati, N. M. P., Suarni, N. K., & Sulastri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728
Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). E Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. JPSI: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293
Putri, B. M. A., Mudzanatun, & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 136–143. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.25183. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.25183
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774. DOI: https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774
Ramadhana, W., & Tuasikal, A. R. S. (2018). Pengaruh permainan modifikasi bola basket terhadap minat belajar siswa kelas V MI NU Tropodo Waru Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 06(02), 276–279. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23329.
Riki, Purnomo, E., & Perdana, R. P. (2022). Pengembangan Media Video Tutorial Gerakan Seni Tunggal Tangan Kosong Pencak Silat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(6). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55867. DOI: https://doi.org/10.26418/jppk.v11i6.55867
Riyoko, E., & Ghani, M. Al. (2019). Pengaruh Latihan Squat Jump Terhadap Hasil Under The Basket Shoot Pada Permainan Bola Basket Siswa Putra Ektrakulikuler Basket Sma Negeri 01 Tanjung Batu. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1701. DOI: https://doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1701
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Sylvayoga, A. P. N. (2021). Pembelajaran Teknik Dasar Shooting Bola Basket Dengan Modifikasi Alat Ring Gantung Dan Bola Karet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN Sonorejo I Tahun Ajaran 2020/2021. Journal Active of Sports, 1(2), 19–27. Retrieved from https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JAS/article/view/335.
Taufiq, A., Siantoro, G., & Khamidi, A. (2021). Analisis minat belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring PJOK selama pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) Di Man 1 Lamongan. Jurnal Education and Development, 9(1), 225–229. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2366.
Tegeh dan Jampel. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: UNDIKSHA.
Ulum, M., Asra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Shooting Petanque pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45028. DOI: https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45028
Wijirahayu, S., & Syarif, M. S. (2019). Pengembangan Multimedia Integratif Bahasa Inggris untuk Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal SOLMA, 8(2), 317. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3093. DOI: https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3093
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mustika Jaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)