Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PJOK Materi Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video

Authors

  • Angga Rosi Saktiawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Kanca Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.62496

Keywords:

Minat, Hasil Belajar, Sepak Bola, Flipped Classroom, Video Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu peserta didik tidak memiliki keaktifan dalam mengikuti proses pembelajaran, peserta didik harus dipaksa terlebih dahulu untuk terlibat dalam proses pembelajaran dan peserta didik tidak mau melakukan proses pembelajaran sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar PJOK materi sepak bola pada peserta didik kelas VII SMP melalui penerapan metode pembelajaran Flipped Classroom berbantuan video. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP yang berjumlah 20 orang dengan rincian 12 orang putri dan 8 orang putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar peserta didik pada materi sepak bola dari siklus I sebesar 44%, meningkat menjadi 63% pada siklus II. Pada hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan dari siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 85% pada siklus II dan pada aspek keterampilan dari siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa minat dan hasil belajar PJOK materi sepak bola meningkat melalui metode pembelajaran flipped classroom berbantuan video pada peserta didik kelas VII SMP. Disarankan kepada guru PJOK dapat menggunakan metode pembelajaran flipped classroom berbantuan video karena dapat meningkatkan minat dan hasil belajar PJOK materi sepak bola.

References

Alit, I. G. A. N. (2019). Model Pembelajaran direct instruction dengan metode demonstrasi sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas iii semester i tahun pelajaran 2018/2019 SD Negeri 22 Dauh Puri. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.932.

Apriani, A. N., Suwandi, I. K., Ariyani, Y. D., & Sari, I. P. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Masa New Normal COVID-19 Melalui Flipped Classroom. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 102–113. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.37909.

Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356–370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112.

Asitah, W., & Hastuti, J. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B Ra Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 147–177. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.733.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Duludu, U. A. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran pls. Deepublish.

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23.

Faridah, E. (2016). Mengajar Pendidikan Jasmani Melalui Permainan “Ide Kreatif Mengoptimalkan Aspek Pedagogis.” Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 38–56. https://doi.org/10.24114/jik.v15i2.6138.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963.

Febrina, D. I. (2018). Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Buana, 2(1), 338–338. https://doi.org/10.24036/student.v2i1.81.

Fikri AR, M. (2018). Sejarah media: Transformasi, Pemanfaatan, dan Tantangan. Universitas Brawijaya Press.

Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943–2952.

Halimah, N., & Adiyono, A. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. General and Specific Research, 2(1), 160–167.

Hasan, S., Winarno, M. E., & Tomi, A. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 4(2), 182–200. https://doi.org/10.31571/jpo.v4i2.86.

Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora, 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295.

Hastuti, W. D. (2020). Membangun Motivasi dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom di Masa New Normal COVID-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 181–192.

Hendriana, H., Afrilianto, M., & Sumayyah, D. (2014). Panduan Bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas: Suatu Karya Tulis Ilmiah. PT Refika Aditama.

Hidayat, U. S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sunda.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Isnaeni, N., & Hildayah, D., 148–156(Isnaeni, N., Hildayah, D.), 148–156. https://doi.org/10.46799/jurnal syntax transformation.v1i5.69.

Kustria, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan peserta didik SMA/SMK di Kecamatan Rendang di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646.

Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 35(1), 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458.

Muliawan, W., & Marhamah, M. (2022). PkM Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMA/MA Di Kabupaten Lombok Timur Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Reflektif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2).

Murtiasih, E. (2022). Implementasi Metode Flipped Classroom Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(3), 1018–1032. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.327.

Nanda, V. P., Rahman, N. A., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 64/I Teratai. As-Sabiquin, 4(2), 296–310. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1766.

Nasution, A. F., & Sibuea, N. (2022). Analisis Hubungan Filsafat dengan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(2), 323–337. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i2.263.

Nugroho, U. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Nurjannah, S., Wicaksono, I., & Budiarso, A. S. (2018). Kajian Pembelajaran IPA dengan Model Pengintegrasian. FKIP E-Proceeding, 3(1), 341–346.

Panggraita, G. N., Tresnowati, I., & Putri, M. W. (2020). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 5(2), 27–33. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.5924.

Prijowuntato, S. W. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Sanata Dharma University Press.

Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ramadhani, A. N., Ardiansyah, R. G., & Latifah, U. (2022). Penilaian Alat Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar SDN Sindangsari 1 Desa Sindangsari. Alsys, 2(2), 292–302. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i2.303.

Rukmana, A. W., Abduloh, A., & Hidayat, A. S. (2021). Minat Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bola Voli di SMPN 2 Majalaya. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4359.

Rusyan, A. T., Winarni, W., & Hermawan, A. (2020). Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif. Deepublish.

Safira, D., Wiguna, S., & Ridha, Z. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di Kelas VII MTs Al Hidayah Gebang. Journal Research and Education Studies, 27–37. https://doi.org/10.51178/invention.v3i3.1018.

Sari, M., Anggoro, B. S., & Sugiharta, I. (2020). Analisis Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Dampak Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran. Nabla Dewantara, 5(2), 94–106. https://doi.org/10.51517/nd.v5i2.228.

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7242–7249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3457.

Sholihah, M., & Amaliyah, N. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750.

Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2019). Ayo Latihan Mengajar:: Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (Peerteaching Dan Microteaching).

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.

Suryadi, A. (2022). Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar. Jejak Publisher.

Sutianah. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Puri Cipta Media.

Wiganda, I., & Fatonah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 236–248. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.1381.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Saktiawan, A. R., & Kanca, I. N. . (2023). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PJOK Materi Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 116–124. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.62496

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>