Implementasi Outdoor Education Terhadap Hasil Belajar Pjok Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VII SMP

Penulis

  • Pande Made Dani Wiradhika Putra a:1:{s:5:"id_ID";s:31:"Universitas Pendidikan Ganesha ";}
  • Kadek Yogi Parta Lesmana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Hendra Mashuri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

Outdoor Education, Hasil Belajar, Trekking, Outbound

Abstrak

Penelitian ini didasari karena adanya peserta didik yang tidak tuntas pada mata pelajaran PJOK materi kebugaran jasmani pada kelas 7 SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PJOK materi kebugaran jasmani peserta didik kelas 7 SMP  dengan menggunakan metode pembelajaran Outdoor Education berbasis trekking dan outbound. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas 7 SMP. Data hasil belajar dikumpulkan dengan cara tes hasil belajar dan lembar observasi untuk aspek kognitif dan aspek afektif sedangkan aspek psikomotor menggunakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I meskipin masih ada peserta didik yang tidak tuntas, sehingga dilanjutkan pada siklus II yang menghasilkan seluruh peserta didik telah mencapai ketuntasan pasa materi kebugaran jasmani pada mata pelajaran PJOK. Dapat disimpulkan bahwa outdoor education dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi kebugaran jasmani peserta didik kelas 7.

Diterbitkan

2024-10-09

Cara Mengutip

Dani Wiradhika Putra, P. M., Kadek Yogi Parta Lesmana, & Hendra Mashuri. (2024). Implementasi Outdoor Education Terhadap Hasil Belajar Pjok Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VII SMP . Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(2). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJIK/article/view/83308

Terbitan

Bagian

Articles