Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar

Penulis

  • I Kadek Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • N. P. D. Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Peby Gunarto Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. W. Artanayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I M Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, TGT, Kebugaran, PJOK

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar PJOK antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan bentuk desain Pretest Postest  Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dari 6 sekolah dasar dengan jumlah siswa 155 orang. Sampel yang digunakan yaitu 2 sekolah sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes tulis untuk pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 84,54 dan hasil belajar kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,61, setelah diuji menggunakan independent sample t test hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas VI Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini berimplikasi dalam meningkatkan hasil belajar dan kebugaran jasmani siswa secara signifikan.

Diterbitkan

2024-10-09

Cara Mengutip

I Kadek Gunawan, N. P. D. Sucita Dartini, Peby Gunarto, I. W. Artanayasa, & I M Satyawan. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Kebugaran Jasmani Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12(2). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJIK/article/view/83311

Terbitan

Bagian

Articles