Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258Keywords:
Video, Animasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa video animasi untuk pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SD. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau R&D (research and development). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV sekolah dasar, namun penelitian hanya berhenti sampai uji pakar dan tidak melakukan praktek penggunakan media di lapangan. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan uji pakar oleh tiga ahli materi, diperoleh rata-rata presentase sebesar 65,13% sehingga termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan uji pakar oleh dua ahli media diperoleh rata-rata presentase sebesar 65,29% sehingga termasuk dalam kategori “tinggi” yang berarti media layak untuk digunakan.
References
Amir, A. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. FORUM PAEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Harrison, Henry L, Hummel, Laura J. (2010). Incorporating Animation Concepts and Principles in STEM Education. The Technology Teacher, 20-25.
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Izham, D. (2012). Cara Cepat Belajar Adobe Flash. Jakarta: Komunitas eLearning Ilmu Komputer.com.
Novitasari, D. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 8.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Junal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1-10.
Ramansyah, W. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS3 pada kelas 1 SDN Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal Ilmiah EDUTIC Jurnal Pendidikan dan Informatika .
Ruseffendi, H. (2014). Perkembangan Pendidikan Matematika.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi pada standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sukmadinata & Nana S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surya, E. (2012). Visual Thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa. UNIMED.
Utami, D. (2011). Animasi dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).
Wahyudi, K. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.
Zaenal. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA tentang Kemagnetan pada kelas IX SMPN 1 Mojowarno Jombang.
https://eprints.uny.ac.id/9509/15/BAB%20II%20TUTIK-08301244031.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)