Dampak Positif Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Afdhal Baser Universitas Negeri Padang
  • Fahmi Rizal Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.31629

Keywords:

Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Google Classroom, WA (Whatsapp)

Abstract

Dalam pembelajaran daring digunakan berbagai platform pembelajaran seperti google classroom dan grup whattsapp pada semua mata pelajaran termasuk TIK. Namun penggunaan platform tersebut tidak sepenuhnya dapat membantu siswa dalam belajar kususnya pada pembelajaran TIK yang lebih membutuhkan banyak praktek. Sehingga diperlukan adanya penyesuain terhadap proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar serta motivasi belajar TIK siswa dengan menggunakan Google Classroom dan pembelajaran berbasis WA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan jumlah populasi sebanyak 375 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.Terdapat 2 metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni instrumen angket motivasi belajar instrumen tes objektif. Analisis data dilakukan melalui tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar yang dianalisis dengan uji-t dan Anova. Hasil penelitian mengungkapkan adanya interaksi antara antara penggunaan Google Classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian yang di dapat dapat disimpulakan bahwa media Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar serta motivasi belajar TIK siswa.

References

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Tuti. Jurnal Sosial Budaya, 12(1). Http://Doi.Org/10.24014/Sb.V12i1.1930.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I3.P282-289.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. Http://Ojs.Ikipmataram.Ac.Id/Index.Php/Pedagogy/Index.

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. Http://Ejournal.Kopertais4.Or.Id/Sasambo/Index.Php/Alhikmah/Article/ View/3905.

Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i3.2642.

Darimi, I. (2017). Information And Communication Technologies Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Era Teknologi Informasi. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111. Https://Doi.Org/10.22373/Cs.V1i2.2030.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (Ijes), 2(2), 81–89. Https://Doi.Org/10.31605/Ijes.V2i2.659.

Handayani, N. L., Sulisworo, D., & Ishafit. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Pada Pembelajaran Ipa Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jpf (Jurnal Pendidikan Fisika), 9(1), 66–80. Https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V9i1.3521.

Hasan, B. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Dalam Mata Kuliah Menggunakan Media Video Screencast O-Matic. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(1). Https://Doi.Org/10.33061/J.W.Wacana .V15i1.3484.

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19. Karya Tulis Ilmiah (Kti) Masa Work From Home (Wfh) Covid-19 Uin Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. Http://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/Id/Eprint/30565.

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. Http://Jurnal.Unikastpaulus.Ac.Id/Index.Php/Jpkm/Article/View/54/40.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V2i1.2616.

Nisa, K. M. (2018). Glokalisasi: Membangun Pendidikan Global Berbasis Kearifan Lokal Pada Pondok Modern. Jurnal Kajian Islam: Pendidikan, Budaya, Dan Sosial, 5(1). Http://Www.Ejournal.Staimadiun. Ac.Id/Index.Php/Annuha/Article/View/263.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. Https://Doi.Org/10.36417/Widyagenitri. V10i2.281.

Qomariah, S. S., & R Sudiarditha, I. K. (2017). Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Iis Sma Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (Jpeb), 4(1), 46. Https://Doi.Org/10.21009/Jpeb.004.1.3.

Qorib, A., & Zaniyati, H. S. (2021). Penggunaan Open Broadcast Software Studio Dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 12(2), 87–98. Https://Doi.Org/10.36835/Syaikhuna.V12i1.4320.

Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan Dan Tantasngan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13. Https://Doi.Org/ 10.24036/Et.V2i2.101343.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Journal Of Chemical Information And Modeling, 21(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.1016.

Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning Dengan Google Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. Suasthi, I. G. A., Bagus, I., & Eka, P. (2020). Membangun Karakter “ Genius ” Anak Tetap Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid - 19 Pada Sekolah Suta Dharma Ubud Gianyar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 431–451. Https://Jayapanguspress.Penerbit.Org/Index.Php/Cetta/Article/View/541/535.

Sudibjo, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Google Classroom Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Respons Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 4 Surabaya. Jurnal Education And Development, 7(3), 278–284. Https://Doi.Org/10.37081/Ed.V7i3.1272.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta Bandung.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). Https://Doi.Org/10.24127/Ja.V3i1.144.

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2). Https://Doi.Org/10.25134/Fjpbsi.V13i2.1544.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. Https://Doi.Org/10.21107/Metalingua.V5i1.7072.

Wicaksana, E. J., Atmadja, P., Lestari, W., Tanti, L. A., & Odrina, R. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid-19. 1(2), 117–124. Https://Jayapanguspress.Penerbit.Org/Index.Php/Cetta/Article/View/541/535.

Yaumi, M. (2011). Ntegrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(1), 88–102. Https://Doi.Org/10.24252/ Lp.2011v14n1a6.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. Https://Doi.Org/ 10.31004/Edukatif.V2i3.142.

Downloads

Published

2021-02-22

How to Cite

Baser, A., & Rizal, F. (2021). Dampak Positif Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.31629

Issue

Section

Articles