Media Pembelajaran MultiPly Cards Berorientasi Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung

Authors

  • Ni Luh Putu Arie Gargita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32173

Keywords:

Multiply Cards, Problem Based Learning, Matematics

Abstract

Kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan kelayakan dari media pembelajaran Multiply Cards dalam mata pelajaran matematika materi operasi hitung kelas II SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yakni menggunakan angket/kuisioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif meliputi analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 3 orang siswa sekolah dasar pada tahap uji coba perorangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji ahli isi mta pelajaran mendapatkan nilai persentase sebesar 95 % dengan kategori sangat baik, hasil ahli desain pembelajaran diperoleh hasil dengan persentase 88% dengan kategori baik, hasil ahli media pelajaran diperoleh hasil dengan persentase 90 % dengan kategori sangat baik dan uji coba perorangan memperoleh hasil persentase 96% dengan kategori sangat baik.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian media multiply cards berorientasi problem based learning pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung kelas II yang telah dikembangkan layak untuk digunakan   dalam pembelajaran matematika.

Author Biographies

Ni Luh Putu Arie Gargita Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Amrullah, A. K. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 378. Https://Doi.Org/10.26740/ Jrpd.V3n1.P378-387.

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15. Http://E-Journal.Metrouniv.Ac.Id

Cahyaningtyas, Y. (2016). Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas Iv Mi Miftahul Huda Kecamatan Mijen.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif Dengan Prosedur Borg And Gall. 62–70. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Zfajx.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838.

Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal Lemma, 3(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.22202/Jl.2017.V3i1.1884.

Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jppp.V4i3.29741.

Iasha, C., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2020). Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Siswa Kelas Ii Sdn Bojong Nangka 01 Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2019 / 2020. 109–116.

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i4.22308.

Kurino, Y. D. (2020). Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementari Edukasia, 3(1), 150–154. Https://Doi.Org/ 10.31949/Jee.V3i1.2240.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jeu.V6i2.20294.

Mulasari, M. R., Wulandari, I., & ... (2020). Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Pedagogi Dan …, 3(3), 358–366. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jp2.V3i3.25812.

Nataliya, P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358. Https://Doi.Org/10.22219/Jipt.V3i2.3536.

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. Https://Doi.Org/10.31764/Justek.V1i1.416.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jipk/Article/ View /17824.

Saputra, S., Rahmawati, T. D., & Safrudin, N. (2020). Pengembangan Puzzle Square Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 124–135. Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V6i2.12096.

Udayani, I. D. A. T., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Model Creative Problem Solving Terhadap Minat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 284–293. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jipp.V4i2.26806.

Utomo, L. A., Muslimin, M., & Darsikin, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi Listrik Dinamis Kelas X Sma Negeri 1 Marawola. Jpft (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 16. Https://Doi.Org/10.22487/ J25805924.2016.V4.I2.6053.

Wulandari, D. (2016). Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 851. Https://Doi.Org/10.21067/Jip.V6i2.1318.

Zinnurain, Z., & Gafur, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Tata Cara Sholat Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 157–168. Https://Doi.Org/10.21831/Tp.V2i2.7605.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Dewi, N. L. P. A. G., & Wiarta, I. W. (2021). Media Pembelajaran MultiPly Cards Berorientasi Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 109–114. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32173

Issue

Section

Articles