Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279Keywords:
Pengembangan, Komik Digital, SaintifikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya variasi media pembelajaran digital yang dimiliki guru dalam proses pembelajaran IPA sehingga siswa kekurangan media untuk membantunya belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mendeskripsikan validitas komik digital. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari seorang ahli isi pembelajaran, seorang ahli desain dan media pembelajaran, dan 9 siswa kelas V SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun komik digital meliputi lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) Komik digital valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran mencapai skor 89% dengan kategori baik, hasil review ahli desain pembelajaran mencapai skor 88% dengan kategori baik, hasil review ahli media mencapai skor 94% dengan kategori sangat baik, hasil uji perorangan mencapai skor 90,6% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji kelompok kecil mencapai skor 90,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa komik digital layak digunakan di sekolah dasar.
References
Agung, G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(2), 125160. Https://Doi.Org/ 10.15294/Jpp.V31i2.5696.
Anindyta, P., & Suwarjo, S. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Regulasi Diri Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 209. Https://Doi.Org/ 10.21831/Jpe.V2i2.2720.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajran Ipa Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.24042/Jpifalbiruni.V5i1.100.
Darmawan, H., & Nawawi, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Virus. Jpbio (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1), 27–36. Https://Doi.Org/ 10.31932/Jpbio.V5i1.573.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V4i2.1073.
Juniati, N. Wayan, & Widiana, I. Wayan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jisd.V1i1.10126.
Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. Https://Doi.Org/10.30659/Pendas.5.2.105-111.
Karo-Karo, Si. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Axiom/Article/View/1778/1411.
Khusniati. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 1(2), 204–210. Https://Doi.Org/10.28918/Jupe.V10i1.354.
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 3(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V3i1.2898.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jeu.V6i2.20294.
Pamungkas, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1405. Https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i6.7904.
Rianti, E., & Dibia, I. K. (2020). Pendekatan Paikem Berbantuan Brain Gym Berpengaruh Terhadap Konsentrasi Belajar Ipa. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 225–237. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jjpgsd.V8i2.26479.
Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100. Https://Doi.Org/10.24269/Muaddib.V1i2.1213.
Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Pt Grafindo Persada.
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171–185. Https://Doi.Org/10.30870/Jpsd.V3i2.2138.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V1i1.13060.
Widyawati, A., & Prodjosantoso, A. K. (2015). Pengembangan Media Komik Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Peserta Didik Smp. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 1(1), 24. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V1i1.4529.
Winasih, N. W., Sudhita, I. W. R., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Model 4d Mata Pelajaran Ipa Kelas Viii Tahun Pelajaran 2014/2015 Di Smp Negeri 3 Sawan. E-Journal Edutech Universitas Pendid, 3(1), 4. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V3i1.5833.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa Yuyu. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31949/Jcp.V3i2.592.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)