Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Komang Sri Adnyani Manuarti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32892

Keywords:

Media Puzzle, IPA, Model ADDIE, Struktur Bagian Tumbuhan

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi dan kebutuhan media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan validitas pengembangan media puzzle. Model penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Impelemtation, Evaluation). Uji produk dilakukan oleh beberapa ahli yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba perorangan. Jenis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner/angket. Adapun hasil validasi produk media puzzle pada pembelajaran IPA yang diperoleh dari beberapa ahli diantaranya yaitu hasil persentase ahli materi sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik, hasil persentase ahli desain pembelajaran adalah sebesar 83,33% dengan kualifikasi baik, hasil persentase dari ahli media pembelajaran sebesar 82,5% dengan kualifikasi baik, dan hasil persentase dari uji coba perorangan sebesar 92,48% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media puzzle layak digunakan oleh guru pada materi struktur dan bagian-bagian tumbuhan pada muatan IPA untuk siswa kelas IV sekolah dasar.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Xvi(1).

Angko, N. And M. (2013). Pretest Posttest Group . Kwangsan, 1(1), 1–15.

Arditya Isti, L., Agustiningsih, A., & Aguk Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, Iv(1), 21–28. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/7494.

Ari Pertiwi, N. L. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 114–123. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262.

Atma Hidayat, & M. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Batik Kelas V Sd Siti Aminah Surabaya. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3, 218–226. https://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/index.php/va/article/view/12403.

Ayu, I. G., Manik, A., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II Di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/ 10.23887/jeu.v8i1.26459.

Azizah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 106. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5358.

Darmawan, L. A., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 14. https://doi.org/10.23887/ jppp.v3i1.17095.

Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan Dan Hewan Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157.

Harman, V., Yuza, A., & Sari, S. G. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 55 Air Pacah Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Menentukan Nilai Validitas Dengan Menggunakan Ru. 0–2.

Istikomah, N. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (Solo), 6(3), 130–139. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/11855.

Jupriyanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105–111. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111.

Khusniati. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 1(2), 204–210. https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.354.

Kristina, Y. E. (2017). Pengembangan Media Puzzle Bergambar Tokoh Wayang Untuk Siswa Kelas 2 Sd. Piwulang Jawi, 5(2), 5–10. https://doi.org/10.15294/piwulang%20jawa.v5i2.21059.

Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934.

Marisa, S. (2019). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran Siswa Upaya Mengatasi Permaslahan Belajar. Jurnal Taushiah Fai-Uisu, 9(2), 20–27. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/tsh/article/view/1786.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.

Permata, K. K., Ws, R., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Media Puzzle Berbasis Tangram Dalam Pembelajaran Ips. Indonesian Journal Of Primary Education, 1(1), 66. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/ 10.23887/jeu.v6i1.20257.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, Vol. 2 No.(P-Issn: 2621-4792, E-Issn: 2621-8984), 354–362. https://doi.org/ 10.23887/ijerr.v2i3.22563.g14041.

Risabethe, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sd.

Romadhona, N. F. (2016). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Kelas Vii Dan Viii Smo Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/16497.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Setyawati, I. (2019). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 12–23. http://journal2. um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4437.

Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. F. A. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1328.

Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Suryanda, A. (2020). Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatan Kompetensi Profesional Guru Ipa. Jurnal Solma, 09(01), 121–130. https://doi.org/ 10.29405/solma.v9i1.4406.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/ 10.23887/ika.v11i1.1145.

Tegeh, & Kirna. (2015). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/ kewarganegaraan.v10i2.9304.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal Of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Downloads

Published

2021-05-08

How to Cite

Manuarti, N. K. S. A. (2021). Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 129–134. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32892

Issue

Section

Articles