PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v6i1.22259Keywords:
enAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar passing bola basket. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian the non- randomized pretests-postest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima belas kelas. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Penentuan kelas penelitian dilakukan dengan pengundian, terpilih kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok control .Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 0,37, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,14. Berdasarkan uji Independent Samples Test angka signifikansi yang diperoleh adalah sig0,000<0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar passing bola basket. Dengan demikian disarankan untuk proses pembelajaran guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.References
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta. 2001 Proses Belajar
mengajar. Cetakan pertama.
Jakarta: Bumi Angkasa.
Harmoko 2013. Penerapan pembelajaran
kooperatif model student team
achievement division (STAD)
ditinjau dari keaktifan siswa dan
hasil belajar siswa mata pelajaran
menggunakan alat ukur kelas x
jurusan teknik pemesinan di SMK
muhammadyah prambanan.
Tersedia pada
https://www.eprints.uny.ac.id/9960/
/JURNAL%20ILMIAH.pdf.diakses
pada tanggal 20 november 2015.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode
Penelitian Pengajaran Pendidikan
Jasmani dan Olahraga. Singaraja:
Jurusan Ilmu Keolahragaan
Fakultas Pendidikan Ilmu
Keolahragaan Universitas
Pendidikan Ganesha Singaraja.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan
Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi
Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi
Pustaka Publisher.
Universitas Pendidikan Ganesha. 2016.
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan
Disertasi. Singaraja.
Wigih, Riskitri. 2013. Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif
TipeStudent Teams Achievement
Division (Stad) Terhadap Hasil
Belajar Matematika Kelas 5 Sd
Negeri Jatiasih X Bekasi.
Wijaya, Made Agus. 2011. Prinsip-prinsip
Pengembangan dan Modifikasi
Cabang Olahraga. Singaraja:
Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)