IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET

Authors

  • Made Bani Purwani .
  • Prof. Dr. I Wayan Rai, MS .
  • I Putu Darmayasa, S.Pd, M.For .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.2335

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Seririt tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan peneliti sebagai guru. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Seririt yang berjumlah 27 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan dari observasi awal ke siklus I meningkat sebanyak 9 orang (33,3%) dari 11 orang (40,07%) menjadi 20 orang (74,1%) dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 7 orang dari 20 orang (74,1%) menjadi 27 orang (100%). Sedangkan Ketuntasan hasil belajar teknik dasar passing bola basket dari observasi awal ke siklus I meningkat sebanyak 10 orang (37,04%) dari 6 orang (22,2%) menjadi 16 orang (59,3%) dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 9 orang (33,3%) dari 16 orang (59,3%) menjadi 25 orang (92,6%). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Seririt tahun pelajaran 2013/2014. Oleh karena itu disarankan kepada guru Penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran passing bola basket.
Kata Kunci : Kata Kunci : TGT, aktivitas, hasil belajar, passing bola basket.

This study is aimed at improving students’ activity and their learning result the basic technique passing basket ball. The technique was implementation through cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) of VIII B Class in SMP Negeri 2 Seririt academic year in 2013/2014. This study is action research with the researcher as a teacher. The research was conducted by 2 cycles. The subject was 27 students of VIII B SMP Negeri 2 Seririt. The data was analyzed using statistic descriptive. Based on the analysis of research data, learning activity the basic techniques passing basket ball increased by first observation to first cycle by 9 peoples (33,3%) from 11 peoples (40,07%) became 20 peoples (74,1%) and from first cycle to second cycle increased by 7 peoples (%) from 20 peoples (74,1%) became 27 peoples (100%). Meanwhile, learning result the basic techniques passing basket ball increased by first observation to first cycle by 10 peoples (37,04%) from 6 peoples (22,2%) became 16 peoples (59,3%) and from first cycle to second cycle increased by 9 peoples (33,3%) from 16 peoples (59,3%) became 25 peoples (92,6%). It can be conclude that the activites and learning results the basic techniques passing basket ball through the implementation of cooperative learning model type TGT of VIII B Class in SMP Negeri 2 Seririt academic year in 2013/2014. It was suggested to the teacher to implementation the cooperative learning model type TGT in the learning passing the basket ball.
keyword : TGT, activity, learning result, passing basket ball.

Published

2014-02-24

Issue

Section

Articles