PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL BERBANTUAN FEEDBACK VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i2.36481Keywords:
metode pembelajaran reciprocal., feedback visua, l, hasil belajar, lompat jauh.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaaran reciprocal berbantuan feedback visual terhadap hasil belajar lompat jauh. Jenis penelitian adalah eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mengwi tahun pelajaran 2018/2019, berjumlah 11 kelas dengan populasi 386 orang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII G sebanyak 34 orang sebagai kelompok eksperimen dan VIII H sebanyak 36 orang sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes esay, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (uji Independent Samples Test) adalah 0.02 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa metode pembelajaaran reciprocal berbantuan feedback visual berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dan gaya menggantung di udara. Disarankan kepada guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dapat menerapkan metode pembelajaaran reciprocal berbantuan feedback visual karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar lompat jauh peserta didik.References
Undiksha. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja: Undiksha.
Ariyasa, Gede. 2014. ”PengaruhModel Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil belajar Ipa Peserta didik Kelas V Sd Negeri 1Tulamben” Tersedia pada:http://download.portalgaruda.org/article. (Diakses pada 28 September 2017).
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta CV.
Chandra Asri. 2016. “Aplikasi Teori Umpan Balik (Feedback) Dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini” Tersedia pada: https://www.google.com/search?client=firefoxbab&q=jurnal+eksperimen+chandra+asri+aplikasi+teori+umpan+balik(feedback)+dalam+pembelajaran+motorik+pada+anak+usia+dini.(Diakses pada 28 September 2017).
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djmarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka Pelajar.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Parwata, Lanang Agung& Dkk. 2010. Buku Ajar Aktivitas Atletik. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Rachmayani, Dwi. 2014. “Penerapan PembelajaranReciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Peserta didik”. Tersedia pada: https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118/122.(Diakses pada 28 September 2017).
Shoimin, Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Sudrajat dan Syarifudin. 2014. Pendidikan Jasmani Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Ariasti, Kadek Ami. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Reciprocal Berbantuan Feedback Visual Terhadap Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019. Singaraja: Undiksha
.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)