PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAPHASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i2.36485Keywords:
Kooperatif., TGT., hasil belajar., bola basket.,Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (chest pass dan bouncepass). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest posttest control group the same subjec design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 229 orang yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas VIII A2 dan kelas VIII A7. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan Simpel random sampling,. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay, pengambilan data dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 81,38 . Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 67,93 . Angka signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung =10,027 lebih dari t tabel = 2,003 Sehingga H0 ditolak. yang diperoleh melalui Uji t adalah <0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh positif terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (chest pass dan bouncepass) siswa.References
Amry Sukmawan. 2013. ”Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Materi Menggiring Bola Pada PermainanSepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Tanwir Surabaya)”. Volume 01, Nomor 03
(hlm.575 --579).
Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Slavin, E Robert. 2010. Cooperative Learning
: Teori, riset dan Praktek.Bandung : Nusa Media.
Putu Enny Rusmawati, I Made Candiasa, I Made Kirna. 2013.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2012/2013”.Volume 3.
Sudiatmaja,Untung. 2014. Penerapan Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket. (tersedia pada.”http://ejournal.undiksha.ac.id/in dex.php/JJP/issue/view/204halaman2, Volume 1) diakses tanggal 17 juni
Prayatna,I Md Ary. 2014.”Implementasi Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket,tersediapada.”http://ejournal.u ndiksha.ac.id/index.php/JJP/issue/vie w/204halaman 2 volume 1) diakses
tanggal 17 juni 2017)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)