PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIFITAS JASMANI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER MELALUI KOLABORATIF PERMAINAN TRADISIONAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v7i3.36490Keywords:
Model Pembelajaran., Karakter Toleransi., Gerak., Dasar, Permainan TradisionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang berbasis aktifitas jasmani dalam karakter toleransi pada k melalui permainan tradisional. Penelitian ini juga bertujuan sebagai bahan ajar guru Sekolah Dasar pada mata pelajaran penjasorkes. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang : pengembangan dan penerapan model pembelajaran berbasis aktifitas jasmani dalam membentuk karakter siswa melalui permainan tradisional pada siswa Sekolah Dasar dan mengetahui efektifitas, efisiensi, serta daya tarik hasil pengembangan pembelajaran gerak dasar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan permainan tradisional yang dimodifikasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini angket pengembangan permainan tradisional untuk membentuk karakter siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa hasilnya adalah 95% sangat cukup baik/bagus dengan melalui permainan tradisional yang dimodifikasi sehingga siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Dengan begitu maka penerapan permainan tradisional yang dimodifikasi dapat digunakan dan dipraktekkan dalam pembelajaran mata pelajaran penjasorkes pada siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru penjasorkes dapat disimpulkan bahwa pengembangan model permainan tradisional yang disusun sangat baik dan efektif, sehingga model permainan layak digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa Sekolah Dasar.References
Aqib Zainal & Sujak. 2011. Panduan & Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya
Dwiyogo, W. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmanai Dan Olahraga. Jakarta: Wineka Media.
Hadiyah, & Nurhayati. 2013. Survei Tentang Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 01 (01): 118.(Online), diakses pada 20 april 2017.
Linggar, S. (2010). Ayo lestarikan permainan tradisional. Jakarta: CV Karya Mandiri Nusantara.
Suharjana, F. (2011). Pengembangan pembelajaran senam melalui bermain di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji /article/view/3479
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)