KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA VOLI

Authors

  • Dony Indrawan .
  • I Ketut Budaya Astra, S.Pd, M.Or .
  • I Putu Darmayasa, S.Pd, M.For .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v2i1.3888

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada siswa Kelas X 7 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013-2014, yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas X 7 SMA Negeri 2 Singaraja, yang berjumlah 22 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar passing bola voli secara klasikal sebesar 6,1 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I aktivitas belajar meningkat sebesar 40,9% menjadi 7,4 (cukup aktif) dan meningkat sebesar 18,1% menjadi 8,9 (sangat aktif) pada siklus II. Analisis data hasil belajar pada observasi awal secara klasikal sebesar 22,2 (cukup), setelah diberi tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat sebesar 40,9% menjadi 69,3 (cukup) dan meningkat sebesar 31,8% menjadi 92,6 (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2013/2014. Disarankan kepada guru penjasorkes untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, karena terbukti efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : TPS, aktivitas, hasil belajar, voli.

This research aims to improve the activity qualities and the learning outcomes of volley ball passing of X 7 class of SMA N 2 Singaraja in the academic year of 2013-2014, which consists of 22 students. This research belongs to classroom action research type, which is done in two cycles and each is composed of planning, action, observation, and evaluation. The subject of this research is all the 22 students of X 7 class of SMA N 2 Singaraja. The data obtained is then analyzed using descriptive statistics techniques. The data analysis shows that there was a 40.9% improvement from the initial score of 6,1(fairly active) to 7,4 (fairly active) after the first cycle treatment, and further 18,1% improvement to the score of 8,9 (active) after the second cycle, in term of qualities of passing (up and down passsing) voley ball activities. While in term of learning outcomes there was a 40.9% improvement from the initial score of 22,2 (okay) to 69,3 (okay) after the first cycle treatment, and further 31,8% improvement to the score of 92,6 (very good) after the second cycle. Based on the data elaboration and analysis, it can be concluded that TPS-type cooperative teaching model helped the improvement of the activity qualities and the learning outcomes of the X 7class of SMA N 2 Singaraja from the academic year of 2013-2014. Physical education teachers are recommended to apply TPS-type cooperative teaching model in their teaching because this model proves supportive in the development of the activities and the learning outcomes.
keyword : TPS, activities, learning outcomes of voley ball.

Published

2014-08-06

Issue

Section

Articles