IMPLEMENTASI KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ROLL SENAM LANTAI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.509Abstract
IMPLEMENTASI KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ROLL SENAM LANTAI
I Wayan Edi Saputra
NIM. 0816011080
PENJASKESREK FOK Universitas Pendidikan Ganesha, Kampus Tengah Undiksha Singaraja, Jalan Udayana Singaraja-Bali Tlp. (0362) 32559
e-mail: edygaspooll@ymail.com
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar roll senam lantai pada siswa kelas XA SMA Negeri 2 Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus. Terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X A SMA Negeri 2 Bangli, jumlahnya 30 orang siswa, 18 orang siswa putra dan 12 orang siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I yaitu rata-rata aktivitas belajar 7,7, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar roll snam lantai secara klasikal 70%. Sedangkan hasil analisis data siklus II yaitu rata-rata aktivitas belajar 8,34, dan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar roll senam lantai secara klasikal 93,3%. Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar roll senam lantai meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada siswa kelas X A SMA Negeri 2 Bangli tahun pelajaran 2012/2013. Peneliti menyarankan agar guru penjasorkes menggunakan model pembelajaran tipe GI karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar roll senam lantai
Kata-kata Kunci: GI, aktivitas, hasil belajar, roll senam lantai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)