PENERAPAN KOOPERATIF GI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING CONTROL SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjp.v1i2.983Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing-control sepakbola melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 2 Bangli Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 32 orang terdiri dari 7 siswa putra dan 25 siswa putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa pada siklus I aktivitas belajar sebesar 6,98 (kategori cukup aktif) dan hasil belajar sebesar 68,75% (kategori cukup baik) sedangkan pada siklus II aktivitas belajar sebesar 8,08 (kategori aktif) dan hasil belajar sebesar 87,5% (kategori sangat baik).Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik passing-control sepakbola meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 2 Bangli Tahun Pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada Guru Penjasorkes untuk dapat mengpenerapankan model pembelajaran kooperatif tipe GI karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing-control sepakbola.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)