Literasi Berbahasa Bali Pada Kelas Xi Mipa 1 Sma Negeri 2 Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v8i1.40812Abstract
Penelitian ini berjudul Literasi Berbahasa Bali di SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk literasi berbahasa Bali yang sudah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Singaraja dan mengetahui hasil dari literasi berbahasa Bali yang telah dilaksanakan tersebut berkaitan dengan pembelajaran bahasa Bali pada siswa di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 38 orang dan objek penelitianya adalah literasi berbahasa Bali yang telah dilaksanakan. Hasil dari penelitian ini yaitu literasi berbahasa Bali sudah dilaksanakan di SMA Negeri 2 Singaraja sesuai dengan program pemerintah yang dilaksanakan setiap hari kamis diikuti oleh guru dan seluruh siswa di SMA Negeri 2 Singaraja. Literasi berbahasa Bali dilaksanakan bergilir dari siswa kelas X sampai siswa kelas XII. Literasi berbahasa Bali yang sudah dilaksanakan, dari mendengar, membaca, menyimak, diharapkan kemampuan siswa berbahasa Bali semakin meningkat. Siswa bisa menambah kosa kata atau meningkatkan kemampuan berbahasa Bali agar tidak salah pada saat berbahasa Bali. Kegiatan literasi tersebut sudah berhasil karena sudah mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Bali. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai pembelajaran bahasa Bali yang sudah mencapai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Kata kunci: Literasi, Keterampilan Berbahasa, Bahasa Bali