Unsur Intrinsik dan Nilai Pendidikan Karakter pada Kumpulan Cerpen "Surat Uli Amsterdam" oleh Ketut Sugiartha

Penulis

  • Ni Luh Novita Sari Mahasiswa
  • Ida Bagus Putra Manik Aryana
  • Ida Bagus Rai

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i1.64280

Kata Kunci:

unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, cerpen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) unsur intrinsik dan (2) nilai pendidikan karakter pada kumpulan cerpen Surat Uli Amsterdam oleh Ketut Sugiartha. Subjek penelitian ini adalah kumpulan cerpen Surat Uli Amsterdam oleh Ketut Sugiartha. Objek penelitian ini adalah adalah unsur intrinsik dan nilai Pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan observasi pada saat mengumpulkan data unsur intrinsik dan Pendidikan karakter. Data periksa yang digunakan: (1) identifikasi data, (2) reduksi data, (3) klasifikasi data, (4) interpretasi data dan (6) verifikasi data. Hasil penelitian kumpulan cerpen Surat Uli Amsterdam oleh Ketut Sugiartha seperti: (1) unsur intrinsik dalam cerpen ini lengkap ada (7), seperti: tema, alur, latar, tokoh dan perwatakan, sudut pandang, amanat dan gaya bahasa. (2) Nilai Pendidikan karakter hasil yang didapatkan 13 (tiga belas) seperti: nilai kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Referensi

Antara, I. G. 2011. Sastra Bali Purwa. Singaraja, Undiksha: Tidak diterbitkan.

Arnyana, I. P. (2014). Peranan Budaya Bali dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Seminar Nasional FMIPA UNDKSHA IV Tahun 2014, 192.

Dewi, N. S. 2017. Seseleh Wangun Intrinsik lan Mustika Paajah-Ajahan Pawatekan Ring Pupulan Satua Bawak Majalah Satwa Bulan April Warsa 2001. Singaraja: Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha.

Dishub. 2007. Kasusastraan Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Gautama, I Wayan Budha. 2007. Kasusastraan Bali . Surabaya: Paramita.

Gautama, W. B. 2007. Kasusatraan Bali Cakepan Penuntun Melajahin Kasusatraan Bali. Surabaya: Paramita Surabaya.

Kesuma, I. N. 2015. Mustika Ajah-Ajahan Pawatekan Ring Drama Calonarang "Nircaya Lingga Kapralina" Kelas A Angkatan 2012 Jurusan Pendidikan Bahasa Bali. Singaraja: Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni, Undiksha.

Nuriyantoro. 2019. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Poerwadarminta, W. 1987. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Aceh: Balai Pustaka.

Puspitasari. Hubngan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), Vol.1, No.3 (2017) 251. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023 pada link https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1180

Putry, R. Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Jurnal Gender Qualiti: International Journal of Child and Gender Studies, Vol.1, No.4 (2018) 45. Diakses pada tanggal 20 Januari 2023 pada link https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/view/4480

Simpen, I. W. 2010. Basita Paribasa. Denpasar: PT.UPADA SASTRA.

Sugiartha, K. 2018. Surat Uli Amsterdam. Tabanan: Pustaka Ekspresi.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Septiawan, A. 2022. Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas IX-F di SMP Negeri 2 Nalumsari. Jurnal Muria Research Gudancer and Conseling, Vol.1, No.2 (2022). Diakses pada tanggal 28 Januari 2023 pada link https://jurnal.umk.ac.id/index.php/mrgc/article/view/8751

Wendra, I. W. 2012. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Diterbitkan

2024-07-05