Meningkatkan Keterampilan Paribasa Bali Menggunakan Web Educandy Pada Siswa SMA Ngeri 1 Kuta Utara
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i1.64877Kata Kunci:
paribasa, bali, web educandy, pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi (1) supaya tahu cara-cara menggunakan sarana Web Educandy di pelajaran paribasa Bali dari siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara, (2) Supaya tahu di sarana Web Educandy digunakan meningkatkan pengetahuan paribasa Bali dari siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara, (3) Supaya tahu dari pendapat para siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara kegunaan sarana Web Educandy ketika digunakan di pembelajaran paribasa Bali. Data penelitian dikumpulkan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan kualitatif melalui observasi, tes dan kuesioner. Tes kuesioner digunakan sebagai alat utama dari pengumpulan data dalam penelitian ini untuk memastikan keadaan data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara. Yang akan menjadi sasaran dalam pembelajaran menggunakan sarana Web Educandy dalam pembelajaran paribasa Bali. penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian dan pengembangan yang akan datang.
Kata kunci: Paribasa, Bahasa Bali, Web Educandy
Referensi
Arikunto,dkk.(2017). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi Cetakan ke-2. Jakarta:Bumi Aksara
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Edisi Revisi Cetakan ke-21.Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hastanti, R.P., Purnama, B.E.,Wardanti, I.U.(2015). Sistem Penjualan Berbasis Web (E-commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnsl Bianglala Informatika. 3(2):1-9.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 8 (1):19-35.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-3
Pusat informasi.guru.kemdikbud.go.id.(2022). Kurikulum Merdeka. Diakses pada pada 28 Juni 2023. Tersedia pada link: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/enus/articles/6824331505561
Simpem, W.A.B.(2004). Basita Paribasa. Denpasar:Upada sastra.
Ulya,M.(2021). Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.10 (1), 55-63. diakses pada pada 28 Juni 2023 tersedia pada link https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/4089/0
Vitianingsih, A.V. 2016. Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Inform: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. 1(1):25-32. diakses pada pada 28 Juni 2023. Tersedia pada link https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform/article/view/220
Wahyuni, Ida Ayu Putu Intan, (2022). “Media Aplikasi Educandy Nincapang Kewageda Basita Paribasa”. Skripsi. Tidak diterbitkan.Bahasa dan Seni.Pendidikan Bahasa Bali.Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.
Widiastuti, R., Sayekti, IC., & Eryani, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Kuis Educandy Pada Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Basicedu, 5 (4), 2580-1147. Diakses pada pada 28 Juni 2023. Tersedia pada link https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1161
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.