Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Bali Melalui Model Berbasis Proyek Di Sma Negeri Bali Mandara
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i1.65399Kata Kunci:
berbicara, projek, model , bahasa baliAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi (1) penggunaan model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali di kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, (2) Model Project Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali di kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, (3) Model Project Based Learning dapat menjadi panduan bagi guru saat memberikan arahan dalam penggunaan bahasa Bali dalam konteks wacana maparibasa Bali kepada siswa, (4) Penelitian ini melibatkan siswa kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara dalam penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali. Data penelitian dikumpulkan menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, tes, dan kuesioner. Kartu data digunakan sebagai alat utama pengumpulan data dalam penelitian ini untuk memastikan keandalan data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, yang akan menjalani model PjBL (Project Based Learning) dalam pembelajaran berbicara dalam bahasa Bali dengan membuat wacana maparibasa Bali. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian dan pengembangan yang akan datang.
Referensi
Condliffe, B., Quint, J., Visher, M. G., Bangser, M. R., Drohojowska, S., Saco, L., & Nelson, E. (2017). Project-based Learning: a Literature Review. In mdrc : Building Knowledge to Improve Social Policy (Issue P-12 Education). https://www.mdrc.org/publication/project-based-learning
Ernawati, S., Purnami, I. A. P., & Paryatna, I. B. L. (2018). Seseleh Tata Wangun Manah (Struktur Batin) Lan Basita Paribasa Ring Pupulan Puisi Bali Anyar Sane Mamurda “Sang Kinasih” Pakardin Ni Kadek Widiasih. In Journal Pendidikan Bahasa Bali (JPBB) (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpbb.v5i1.20347
Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V Mi Ma’Arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804–822.
Jannah, M., & Junaidi, J. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 191–197. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.25
Kartini, D., & Dewi, D. (2020). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113–118.
Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170.
Lewandowski, C. M. (2015). Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 1–17. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., & Chitta, F. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 187–193. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Maulana, A. S. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 14. https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Rohana & Syamsuddin. (2015). Buku Analisis Wacana. CV. Samudra Alif-Mim. http://eprints.unm.ac.id/19564/
Sriasih, K., Paryatna, I. B. L., Wirani, I. A. S., Pendidikan, J., Bali, B., & Ganesha, U. P. (2017). Nureksain Wangun Instriksik lan Kajaitan Guna Sarat Pembelajaran. JPBB (Journal Pendidikan Bahasa Bali, 4(2), 123–134. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpbb.v4i2.21248
Suputra, I. G. (2017). Ngawigunayang Piranti Wayang Cenkblonk Pinaka Utsaha Nincapang Kemampuan Nyurat Lengkara Sane Madaging Basita Paribasa Sisia Kelas Vii H Smp Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali, 4(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jpbb.v4i1.20715
Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.
Widiantari, I. A. P., Rai, I. B., & Wirani, I. A. S. (2019). Ngawigunayang Aplikasi Patik Bali Anggen Nincapang Kemampuan Nyurat Pupuh Durma Antuk Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (Tps) Sisia Kelas Xi Bdpm C Smk Negeri 1 Singaraja Warsa 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 6(1), 52. https://doi.org/10.23887/jpbb.v6i1.20236
Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.