MULTICULTURAL EDUCATION ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTIONS AND PRACTICES IN INTERNATIONAL SCHOOL

Penulis

  • Ni Putu Dian Utami Dewi STAH Mpu Kuturan Singaraja, Singaraja, Indonesia
  • I G.A. Pt Novita Sari Paragae STAH Mpu Kuturan Singaraja, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Wiramarta STAH Mpu Kuturan Singaraja, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ngurah Aan Darmawan STAH Mpu Kuturan Singaraja, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

Pendidikan Multikultur, Persepsi, Guru Bahasa Inggris, Sekolah Internasional

Abstrak

Pendidikan multikultural dikatakan menjadi penting untuk mengembangkan toleransi dan kesadaran akan budaya peserta didik agar dapat hidup bersama dalam masyarakat yang terdiri dari individu-individu dari berbagai latar belakang. Namun, belum banyak penelitian yang dilakukan untuk menggali persepsi guru dan bagaimana mereka menerapkannya dalam mengajar mata pelajaran tertentu di kelas, khususnya di sekolah internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru bahasa Inggris tentang pendidikan multikultural, dan bagaimana mereka mengimplementasikan pendidikan multikultural baik di tingkat sekolah maupun dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa Inggris di salah satu sekolah internasional di Bali. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dengan pertanyaan terbuka dan dilanjutkan dengan wawancara dengan 5 orang guru sebagai responden. Data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa pendidikan multikultural dianggap penting oleh guru untuk diterapkan di sekolah internasional, dengan bahasa sebagai unsur budaya yang dipersepsikan paling penting diantara unsur budaya lainnya. Penelitian juga menemukan bahwa implementasi pendidikan multikultural di tingkat sekolah adalah (1) merayakan hari libur lokal, (2) merayakan perayaan global dan (3) mengadakan acara budaya, sedangkan implementasi di tingkat kelas adalah (1) menemukan latar belakang siswa dan berbagi pengalaman, (2) melakukan diskusi dan (3)  kerja kelompok.

Referensi

Benediktsson, A. I., & Ragnarsdottir, H. (2019). Communication and Group Work in the Multicultural Classroom:Immigrant Students’ Experiences. European Journal of Educational Research, 453-465.

Demir, s., & Ozden, S. (2014). The Evaluation of Multicultural Teaching Design Education Program. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 4732-4736.

Hasanah, U., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Multi-cultural education-oriented digital teaching materials to improve students'pluralist attitudes . Jurnal Prima Edukasia, 118-126.

Jayadi, K., Abduh, A., & Basri, M. (2022). A meta-analysis of multicultural education paradigm in Indonesia. Heliyon.

Kelly, P. (2014). Group Work and Multicultural Management Education. Kelly, P. (2009). Group Work and Multicultural Management Education. Journal of Teaching in International Business, 80-102.

Kim, D. (2020). Learning Language, Learning Culture: Teaching Language to the Whole Student. ENCU Review of Education, 1-23.

Muliono, M. (2020). Pola Perubahan, Wacana, dan Tren Konflik Sosial di Indonesia. . Al-Adyan, 115-132.

Ndura, E., & Dogbevia, M. (2013). Re-envisioning multicultural education in diverse academic contexts. Procidia: Social and Behaviorl Sciences. doi:doi: 10.1016/j.sbspro.2013.09.321

Nechifor, A., & Borca, A. (2016). THe Importance of The Cultural Element in Teaching Foreign Language. Bulletin of the Transilvania University of Braşov, 99-108.

Popov, V., Biemans, H., Brinkman, D., & Mulder, M. (2012). Multicultural student group work in higher educationAn explorative case study on challenges as perceived by students. International Journal of Intercultural Relations, 302-317.

Riyanto, M. (2015). Pendidikan Humanisme dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Lingua Idea, 1-18.

Roiha, A., & Sommier, M. (2021). Exploring teachers' perceptions and practices of interculural education in an international school. Intercultural Education, 1-18.

Setiyonugroho, P., Umasih, & Kurniawati. (2022). Integration of Multicultural Education Values in History Teaching. Journal of Educational Research and Evaluation, 280-288.

Tajima, Y. (2013). The Institutional Basis of Intercommunal Order: Evidence from Indonesia’s Democratic Transition. . American Journal of Political Science, 104-119.

Zamroni, Dwiningrum, Kartowagiran, Sudartinah, Siteine, & Yao. (2021). Cross-Cultural Competence in Multicultural Education in Indonesian and New Zealand High Schools. International Journal of Instruction, 597-612.

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Ni Putu Dian Utami Dewi, I G.A. Pt Novita Sari Paragae, Kadek Wiramarta, & I Gusti Ngurah Aan Darmawan. (2023). MULTICULTURAL EDUCATION ENGLISH TEACHERS’ PERCEPTIONS AND PRACTICES IN INTERNATIONAL SCHOOL. Language and Education Journal Undiksha, 6(1), 58–65. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJPBI/article/view/52310

Terbitan

Bagian

Articles