PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI YAYASAN DWIPAHARA BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i2.25680Keywords:
bahasa Jepang, profil, strategi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan pengajar dan faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran oleh pengajar. Subjek penelitian ini adalah pengajar penutur asli bahasa Jepang di Yayasan Dwipahara Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di Yayasan Dwipahara Bali yaitu drill, tanya jawab, permainan, dan penugasan. Faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran yaitu karakteristik peserta didik yaitu umur peserta didik; target kompetensi peserta didik meliputi, penguasaan huruf Hiragana dan Katakana, penguasaan tatacara mengenalkan diri dan orang lain, mengetahui frase kalimat dasar, dan penguasaan penggunaan verba, nomina, adjektif; waktu yang tersedia.
本研究の目的は、使用される学習戦略と使用される学習戦略要因。この研究の対象はバリ・ドゥウィパハラ・財団に母語話者である。データは、観察、インタビュー、文献集である。研究の結果、日本語学習戦略は、ドリル、質疑応答、ゲーム、課題である。日本語における学習戦略の要因、学習者の性格には学習者の歳。学習者の基本的な能力は「ひらがな」と「カタカナ」を熟達、自己紹介を熟達、単語と文章を知っている、動詞と名詞と形容詞を熟達。また、使用できる時間である。
キーワード:日本語、紹介、学習戦略