Makna Kiasan Visual Dalam Iklan Minuman Kaleng Beralkhol Suntory “Strong Zero”

Authors

  • I Gusti Ayu Diah Anggreni Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i3.25798

Keywords:

Iklan, Semiotika Roland Barthes, Hiperbola Visual, Pesan

Abstract

Artikel ini berisi tentang analisis semiotika yang bertujuan untuk memaparkan makna kiasan dari tanda-tanda visual iklan Minuman Kaleng Beralkhol Suntory “Strong Zero”. Metode semiotika yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dari Roland Barthes yang mengacu pada sistem denotasi, konotasi dan mitos. Sistem ini akan digunakan untuk menganalisis makna tanda-tanda visual pada iklan minuman kaleng beralkhol Suntory. Artikel ini juga meneliti makna kiasan visual dan pesan yang terdapat pada iklan Minuman Kaleng Beralkhol Suntory “Strong Zero”. Dalam iklan ini, pesan yang ingin disampaikan bahwa Minuman Kaleng Beralkhol Suntory “Strong Zero” dapat memberikan sensasi menyegarkan dan meningkatkan semangat.

References

12 Pengertian Iklan Menurut Para Ahli Lengkap, diakses dari https://www.ruangguru.co.id/12-pengertian-iklan-menurut-para-ahli-lengkap/, pada 23 Maret 2020.

Hidayat, Anwar. 2012. Penjelasan Lengkap Tentang Penelitian Kualitatif, diakses dari https://www.statistikian,com/2012/10/penelitian-kualitatif.html?amp, pada 23 Maret 2020.

Afriana, Ajeng. 2019. Teori Pesan Dalam Ilmu Komunikasi, diakses dari https://pakarkomunikasi.com/teori-pesan-dalam-ilmu-komunikasi, pada 16 April 2020.

Ambar. 2017. Teori Semiotika Roland Barthes, diakses dari https://pakarkomunikasi.com/teori-semiotika-roland-barthes, pada 16 April 2020

Abdillah, F., Agung, & Mutiaz, I. R. 2016. Persepsi Pemirsa Terhadap Pesan Iklan Hiperbola (Studi Terhadap Iklan Televisi Motor Suzuki 120 R). DEMANDIA, 1(1), 1-17.

Suntory. Perusahaan Kami, diakses dari https://www.suntory.com/softdrink/idn/company/profile.html, pada 16 April 2020

Downloads

Published

2020-12-05

Issue

Section

Articles