Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang Bagi Mahasiswa Program Studi Perhotelan Universitas Triatma Mulya Program Internship Di Jepang

Authors

  • Anak Agung Ratih Wijayanti Universitas Triatma Mulya
  • Isa Wahjoedi Dwi Poetranto Universitas Triatma Mulya

Keywords:

Analisis kebutuhan, bahasa Jepang, internship

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi materi dan bahan ajar Bahasa Jepang Perhotelan yang diperlukan oleh mahasiswa Program Studi Perhotelan Universitas Triatma Mulya yang akan mengikuti program internship di Jepang, mengidentifikasi hambatan  dan menganalisa solusi yang menjadi hambatan dalam pembelajaran Bahasa Jepang Perhotelan untuk program internship di Jepang. Penelitian ini diharapkan sebagai acuan untuk dapat mengembangkan bahan ajar maupun metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi pada perkuliahan Bahasa Jepang Perhotelan dan kursus persiapan Program Internship di Jepang. Penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dan wawancara dengan responden adalah mahasiswa yang pernah mengikuti program internship di Jepang. Responden pada penelitian ini sejumlah 15 orang yang berasal dari program studi Diploma IV Pengelolaan Perhotelan dan Diploma III Perhotelan. Hasil dari penelitian ini adalah diperlukan pembelajaran bahasa Jepang untuk kehidupan sehari-hari serta materi pembelajaran sesuai departemen penempatan program internship. Hambatan yang dialami oleh mahasiswa adalah pelafalan bahasa Jepang yang dirasakan terlalu cepat.

Author Biographies

Anak Agung Ratih Wijayanti, Universitas Triatma Mulya

Perhotelan Diploma IV

Isa Wahjoedi Dwi Poetranto, Universitas Triatma Mulya

Dosen Bahasa Jepang Fakultas Pariwisata Universitas Triatma Mulya

References

A. Surahman, “Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang Mahasiswa PBJ Unnes untuk Program

Internship di Jepang,” Universitas Negeri Semarang, 2019.

CEIA (Cooperative Education and Internship Association), Internship Definition. Draft: Cooperative

Education and Internship Association, 7 Juli 2022. [Online]. Available: http://www.ceiainc.org/wpcontent/uploads/2015/09/October- 2015-CEIA-Internship-Definition.pdf.

JLPT The Japanese-Language Proficiency Test Test Guide, 7 Juli 2022. [Online]. Available:

http://www.jlpt.jp/e/reference/pdf/guidebook_s_e.pdf.

I. Wahjoedi, “Buku Bahasa Jepang Pariwisata dan Perhotelan,” Bahasa Jepang Front Office,”

N. Sato, et al, “Japanese Language Teaching Materials for Successful Internship in the Plant

Environment Design Program of the MEXT Campus Asia Project,” Jurnal International Education,

Vol. 9, pp.3, 2016.

O.G. Ulum, Omer Gokhan, “A Needs Analysis Study for Preparatory Class ELT Students,”

European Journal of English Language Teaching, vol. 1, no.1, pp.14-29, 2015.

R. Kousuge, “Nihongo Kokunai ni Okeru Bijinesu Nihongo Kyouiku ni Tsuite,” Gakushuuin

Daigaku, 2013.

R. K. Sari, “Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Mahasiswa Kelas Karyawan,”

SAP (Susunan Artikel Pendidikan), vol. 4, no. 1, Agustus 2019.

Suparti, “Analisis Kebuhan Pengembangan Media Audio Bahasa Inggris untuk Pembelajaran

Menyimak (A Needs Analysis on Developing English Audio Media for Listening Skills),“ Jurnal

Teknologi Pendidikan, vol. 06, no. 01, pp. 1-106, Jun 2018.

Y. Arakawa, Yoshiko, “So Just What Is Omotenashi?, “ In Style magazine, Australia: Nichigo

Oress Australia PTY, 2016.

Downloads

Published

2022-11-25