PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X-2 SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5339Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun 2014/2015 dengan penerapan model pembelajaran word square berbantuan media gambar, (2) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran word square berbantuan media gambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-2 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode: (1) observasi, (2) tes, dan (3) kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran word square berbantuan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari 53,15 pada pre-test, meningkat menjadi 74,08 pada siklus I, dan 86,67 pada siklus II, (2) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran word square berbantuan media gambar untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa mendapatkan respon yang positif. Siswa menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Jepang menjadi lebih menarik dan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa meningkat.Kata Kunci : word square, media gambar, kosakata bahasa Jepang
この研究の目的は、(1)2014年度シンガラジャガネシャ教育大学附属高等学校10年生2組の絵カードを使用した『ワードスクエア』学習法による日本語語彙力の向上を知ること、(2)同上学習者が、この学習法を授業内で使用した場合の反応を知ることである。この研究の対象は2014年度シンガラジャガネシャ教育大学附属高等学校10年生2組27名である。この研究は、2周期に渡るを授業実践活動調査である。データの収集は、授業観察、テストおよびアンケートにより行った。それを定性的および定量的記述法により分析した。この研究の結果、(1)この絵カードを使用した『ワードスクエア』学習法は、学習者の日本語語彙力を向上させる。これは、この学習法を使用する前のブレテストの平均点は53,15点、第一周期終了時の平均点は74,08点、第二周期終了時の平均点は86,67点であったことからいえる。(2)この学習法を用いた場合の学習者の反応は良かったといえる。それは日本語学習が益々興味あるものとなり、語彙力が増えたということからわかる。
keyword : ワードスクエア、絵カード、日本語語彙力
Published
2015-07-22
Issue
Section
Articles