PENGELOLAAN KELAS GURU BAHASA JEPANG DI SMA N 1 SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6263Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) pengelolaan waktu dan kelas yang digunakan guru Bahasa Jepang di SMA N 1 Sukasada dalam mengelola kelas saat proses pembelajaran, (2) mengetahui pengelolaan prilaku siswa guru Bahasa Jepang di SMA N 1 Sukasada dan (3) pengelolaan strategi pembelajaran guru Bahasa Jepang di SMA N 1 Sukasada. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Jepang di SMA N 1 Sukasada. Objek penelitian ini adalah pengelolaan kelas yang dilakukan guru saat proses pembelajaran Bahasa Jepang. Data diperoleh dari observasi dan wawancara selanjutnya di analisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pengelolaan kelas dan waktu guru Bahasa Jepang di awal pelajaran guru mengatur waktu dengan membagi waktu pembelajaran secara sistematis saat memulai pembelajaran, penyajian materi, latihan, penugasan dan penutup dan pegelolaan kelas dilakukan saat mengucapkan salam pada awal dan akhir pelajaran, guru memberikan tanggapan terhadap hasil kerja siswa dan memberikan motivasi kepada siswa untuk mengembangkan materi yang telah dipelajari. Guru melibatkan siswa menanggapi hasil penampilan siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan kesempatan siswa untuk bertanya apa yang belum dipahami. Guru memastikan pemahaman siswa dengan memberikan pertanyaan lisan kepada siswa secara acak. Guru memantau siswa saat mengerjakan tugas. (2) guru mengelola perilaku siswa, guru meminta siswa untuk mencari tempat duduk yang kosong dan memasukkan buku saat tes mendengarkan, Guru memberikan motivasi agar siswa menjawab dengan jujur dan percaya diri untuk mengukur kemampuan diri. (3) guru mengelola strategi pembelajaran guru secara induktif – deduktif, Guru menjelaskan dan melatih kosakata dan pola kalimat menggunakan media gambar agar lebih menarik.Kata Kunci : pengelolaan, kelas, Bahasa Jepang
この研究は、(1)スカサダ国立第一高等学校の日本語科指導者による学習時における時間とクラスの管理法、(2)同校日本語指導者の生徒に対する管理法、(3)同校日本語指導者の学習法を知ることである。この調査は、スカサダ国立第一高等学校日本語科指導者が、どのように日本語学習時にクラス管理しているかを調査したものである。データは、授業観察、インタビューにより収集し、それを定性的記述法により分析した。この研究の結果は、次の通りである。(1)学習時における時間の内訳は、学習開始時に学習項目の提示をし、その後練習、宿題、そしてまとめと組み立てられている。クラス運営では、開始の挨拶、終了の挨拶、学習者に対する評価、そして学習者への学習意欲を高めるため、既習項目の確認、学習目的、質問の機会などを施している。また、学習者を指名し、口頭による質疑応答により、理解度を測る。教室内での課題演習では各学習者を見て回る。(2)テスト時では、空いている席に着き、本などはしまうよう指示する。また、自身の能力をしっかり測るため、正直に解答し、自信を持つよう促している。(3)学習法は、直接法を使用し、解説および単語練習、文型練習では学習者が興味を持てるよう絵教材などが使用される。
keyword : 運営、クラス、日本語
Published
2015-11-06
Issue
Section
Articles