MAKNA KIASAN VISUAL DALAM IKLAN KOPI GEORGIA “MAX COFFEE”
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.22661Kata Kunci:
Bahasa Visual, Iklan, Personifikasi Visual, Similar Visual.Abstrak
Tulisan ini merupakan analisis semiotika yang bertujuan untuk memaparkan makna kiasan dari tanda-tanda visual iklan Kopi Georgia (ジェオジーア•コヒー) versi “Max Coffee” (マックス•コヒー). Dalam iklan max coffee terdapat tanda-tanda makna kiasan visual yang dapat dianalisis maknanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisis semiotika Roland Barthes yang mengacu pada sistem denotasi, konotasi, dan mitos yang dapat digunakan dalam mengenali dan memahami tanda-tanda serta makna yang ditampilkan dalam iklan Kopi Georgia. Peneliti juga menggunakan teori dari konsep bahasa visual dan gaya bahasa visual simile/similar, dan personifikasi untuk memaknai tanda-tanda simile/similar, dan personifikasi visual dalam iklan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat dua makna kiasan visual yaitu ; simile/similar visual, dan personifikasi visual. Dalam iklan ini pesan yang ingin disampaikan bahwa Kopi Georgia versi “Max Coffee” dapat meningkatkan stamina.