Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model CORE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terintegrasi Tema 1 Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.42154Keywords:
Bahasa Indonesia, Model Core, Video Pembelajaran.Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran bagi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia sehingga minat siswa untuk belajar kurang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and devlopment) model ADDIE. Subyek uji coba penelitian adalah siswa kelas V SD N 6 Kesiman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar evaluasi (angket). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian terhadap produk media dilaksanakan berdasarkan enam aspek, yaitu: aspek isi bidang studi/ dengan persentase tingkat pencapaian 88.05% (layak); ditinjau dari aspek desain pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 84.65% (layak); ditinjau dari aspek media pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 87.00% (layak); ditinjau dari aspek uji coba perorangan, dengan persentase tingkat pencapaian 91.55% (sangat layak); uji coba kelompok kecil, dengan persentase tingkat pencapaian 93.40% (sangat layak); dan ditinjau dari aspek uji coba lapangan dengan persentase tingkat pencapaian 92.46% (sangat layak). Dengan demikian produk media video pembelajaran ini memiliki tingkat validitas yang baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.
References
Adnyani, N. L. P., N. M. R. Wisudariani, & G. Aditra. (2021). A Need Analysis for Developing Multimedia English Learning Materials for Deaf or Hard of Hearing (DHH) Children. Journal of Education Technology, 4(4), 571-578. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i4.38829
Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing
Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1-17.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres
Azizah, L. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CORE Bernuasa Konstruktivisik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 101-105.
Benny A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Curwen, M. S., Roxanne G. M., Kimberly A. W. S., & Robert C. C. (2010). Increasing Teachers ’Metacognition Develops Students’ Higher Learning during Content Area Literacy Instruction: Findings from the Read-Write Cycle Project. Teacher Education, 19(2), 127-151.
Darmawan, A. (2018). Membuat Media Video Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi dan Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi, 2(1), 60-76.
Lisiswanti, R. (2016). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Kesehatan, 6(1), 102-105.
Melinda, V. A., N. Sudana D., & Dedi K. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDN Kratonkencong. JINOTEP, 3(2), 158-164. DOI: 10.17977/um031v3i22017p158.
Nugroho, D. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri dengan Mengadaptasi Model CORE untuk Meningkatkan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 39-52.
Nurdyansyah & Eni F. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42-47, DOI: https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194
Priantini, D.A.M.M.O. (2021). How Effective is Learning Style Material with Emodules During the COVID-19 Pandemic?. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687
Priantini, D. A. M. M. O. (2021). The Development of Teaching Video Media Based on Tri Kaya Parisudha in Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4(4), 448–455. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608.
Priantini, D. A. M. M. O., & Darwati, G. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Tri Hita Karana untuk Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora, 1111–1120.
https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/93
Putra, I.P.D.P, Priantini, D. A. M. M. O. & Winaya, I. M. A.(2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325-338. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344
Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Jurnal Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam, 1(1), 43-48.
Riyanto, W. D., & Gunarhadi, G. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning: Utilizing Power Points for Students with Learning Disability. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400.
Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 4(2), 89–104. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i2.3926.
Samri, F., Rewo, J. M., & Laksana, D. N. . (2020). Electronic Thematic Teaching Multimedia with Local Culture Based Materials and Its Effect on Conceptual Mastery of Primary School Students. European Journal of Education Studies, 7(2), 625–641. https://doi.org/10.46827/ejes.v7i12.3474.
Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri
Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana
Shoimin, A. (2018). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.
Smaldino, S. (2013). Instructional Technology and Media for Learning. British: Pearson
Soeharto, K. (2011). Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Surabaya Intellectual Club Pribadi
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Tegeh, I M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Wisada, P. D., I K. Sudarma, & I W.I. Yuda S. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaranberorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.
Wisudariani N. M., I P. Agus A. S. P., & I. A. M. Darmayanti. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Biografi Berorientasi Strategi E-Learning. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 83-94. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32615
Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP. Laporan Penelitian, Semarang: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)