Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model CORE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terintegrasi Tema 1 Kelas V SD

Authors

  • Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini Dwijendra University

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i1.42154

Keywords:

Bahasa Indonesia, Model Core, Video Pembelajaran.

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran bagi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia sehingga minat siswa untuk belajar kurang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and devlopment) model ADDIE. Subyek uji coba penelitian adalah siswa kelas V SD N 6 Kesiman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar evaluasi (angket). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian terhadap produk media dilaksanakan berdasarkan enam aspek, yaitu: aspek isi bidang studi/ dengan persentase tingkat pencapaian 88.05% (layak); ditinjau dari aspek desain pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 84.65% (layak); ditinjau dari aspek media pembelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 87.00% (layak); ditinjau dari aspek uji coba perorangan, dengan persentase tingkat pencapaian 91.55% (sangat layak); uji coba kelompok kecil, dengan persentase tingkat pencapaian 93.40% (sangat layak); dan ditinjau dari aspek uji coba lapangan dengan persentase tingkat pencapaian 92.46% (sangat layak). Dengan demikian produk media video pembelajaran ini memiliki tingkat validitas yang baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia.

References

Adnyani, N. L. P., N. M. R. Wisudariani, & G. Aditra. (2021). A Need Analysis for Developing Multimedia English Learning Materials for Deaf or Hard of Hearing (DHH) Children. Journal of Education Technology, 4(4), 571-578. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i4.38829

Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing

Anam, K. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Bani Muqiman Bangkalan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 1-17.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres

Azizah, L. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CORE Bernuasa Konstruktivisik untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 101-105.

Benny A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Curwen, M. S., Roxanne G. M., Kimberly A. W. S., & Robert C. C. (2010). Increasing Teachers ’Metacognition Develops Students’ Higher Learning during Content Area Literacy Instruction: Findings from the Read-Write Cycle Project. Teacher Education, 19(2), 127-151.

Darmawan, A. (2018). Membuat Media Video Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi dan Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi, 2(1), 60-76.

Lisiswanti, R. (2016). Peranan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Kesehatan, 6(1), 102-105.

Melinda, V. A., N. Sudana D., & Dedi K. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDN Kratonkencong. JINOTEP, 3(2), 158-164. DOI: 10.17977/um031v3i22017p158.

Nugroho, D. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri dengan Mengadaptasi Model CORE untuk Meningkatkan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 39-52.

Nurdyansyah & Eni F. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42-47, DOI: https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194

Priantini, D.A.M.M.O. (2021). How Effective is Learning Style Material with Emodules During the COVID-19 Pandemic?. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687

Priantini, D. A. M. M. O. (2021). The Development of Teaching Video Media Based on Tri Kaya Parisudha in Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4(4), 448–455. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608.

Priantini, D. A. M. M. O., & Darwati, G. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Tri Hita Karana untuk Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora, 1111–1120.

https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/93

Putra, I.P.D.P, Priantini, D. A. M. M. O. & Winaya, I. M. A.(2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325-338. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344

Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Jurnal Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam, 1(1), 43-48.

Riyanto, W. D., & Gunarhadi, G. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning: Utilizing Power Points for Students with Learning Disability. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400.

Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 4(2), 89–104. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i2.3926.

Samri, F., Rewo, J. M., & Laksana, D. N. . (2020). Electronic Thematic Teaching Multimedia with Local Culture Based Materials and Its Effect on Conceptual Mastery of Primary School Students. European Journal of Education Studies, 7(2), 625–641. https://doi.org/10.46827/ejes.v7i12.3474.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri

Sanjaya, W. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana

Shoimin, A. (2018). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Smaldino, S. (2013). Instructional Technology and Media for Learning. British: Pearson

Soeharto, K. (2011). Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Surabaya Intellectual Club Pribadi

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Tegeh, I M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Wisada, P. D., I K. Sudarma, & I W.I. Yuda S. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaranberorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Wisudariani N. M., I P. Agus A. S. P., & I. A. M. Darmayanti. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Teks Biografi Berorientasi Strategi E-Learning. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(1), 83-94. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i1.32615

Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP. Laporan Penelitian, Semarang: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.

Downloads

Published

2022-03-20

Issue

Section

Articles