PEMANFAATAN MEDIA KORAN DIGITAL “KOMPAS.COM” DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 TEJAKULA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i1.63325Keywords:
kompas, media digital, teks beritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita, mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII B pada pembelajaran teks berita dengan memanfaatkan “kompas.com”, mendeskripsikan respons siswa terhadap pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B, mendeskripsikan hambatan yang dihadapi guru dan siswa pada pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B SMP Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B memberikan kejelasan materi karena teks berita yang digunakan bersifat aktual, nyata, dan mudah dipahami, Membaca berita di Kompas.com dapat memberikan inspirasi dalam mengembangkan kemampuan menulis dengan argumen yang kuat, pengorganisasian ide yang baik, dan penggunaan bahasa yang tepat, Siswa memberikan respons positif terhadap pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita karena siswa mampu memahami cara mencari berita di "kompas.com" dan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada berita yang mereka pilih, Hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan ketersediaan perangkat keras seperti gawai dan sambungan internet belum merata dimiliki siswa. Sedangkan hambatan yang dihadapi siswa berkaitan dengan pemahamaan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita
References
Anjani, R., Hairunnisa, & Khoirunisa, A. R. (2020). Implikasi Perubahan Makna Berita Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Teks Berita. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–6.
Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Yang Interaktif Dan Kekinian. Prosiding SAGA, 1, 242–246. www.seputarriau.co,
Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh Penerapan Media Poster Digital dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Politeknik Negeri Padang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 38–46. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p038
Kumalasari, R. A., Sutejo, & Astuti, C. W. (2020). Media katak ciamis untuk meningkatkan keterampilan klasifikasi informasi teks berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(1), 62–66.
Mulyadi, U. A., Rohayati, N., & Rukaesih, D. (2021). Penggunaan Media Video Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita ( Alternatif Model Media Pembelajaran Ditengah Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas VIII MTS Cijambe Kab Tasikmalaya ). Jurnal Diksatrasia, 5(1), 194–197.
Nalsalina, W. (2021). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran Fabel Siswa SMPS Laboraturium Undiksha Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Noermanzah, & Suryadi. (2020). Improving Students’ Ability to Analyze Discourse through the Moodle-based Blended Learning Method. English Review: Journal of English Education, 9(1), 81–94. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Sistadewi, M. A. (2021). Penggunaan media Youtube dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa sekolah tatap muka terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 10(2), 186–194.
Sobaih, A. E. E., Hasanein, A., & Elshaer, I. A. (2022). Higher Education in and after COVID-19: The Impact of Using Social Network Applications for E-Learning on Students’ Academic Performance. Sustainability (Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095195
Unannudin, A. (2023). Potensi pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran efektif teks berita bahasa Indonesia di sekolah. Sitasi Ilmiah: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Widiani, I Nyoman Yasa, Kadek Wirahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)