PEMANFAATAN MEDIA KORAN DIGITAL “KOMPAS.COM” DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 TEJAKULA

Penulis

  • Ni Made Widiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i1.63325

Kata Kunci:

kompas, media digital, teks berita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita,  mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII B pada pembelajaran teks berita dengan memanfaatkan “kompas.com”, mendeskripsikan respons siswa terhadap pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B, mendeskripsikan hambatan yang dihadapi guru dan siswa pada pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B SMP Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B memberikan kejelasan materi karena teks berita yang digunakan bersifat aktual, nyata, dan mudah dipahami, Membaca berita di Kompas.com dapat memberikan inspirasi dalam mengembangkan kemampuan menulis dengan argumen yang kuat, pengorganisasian ide yang baik, dan penggunaan bahasa yang tepat, Siswa memberikan respons positif terhadap pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita karena siswa mampu memahami cara mencari berita di "kompas.com" dan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada berita yang mereka pilih, Hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan ketersediaan perangkat keras seperti gawai dan sambungan internet belum merata dimiliki siswa. Sedangkan hambatan yang dihadapi siswa berkaitan dengan pemahamaan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita

Referensi

Anjani, R., Hairunnisa, & Khoirunisa, A. R. (2020). Implikasi Perubahan Makna Berita Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Teks Berita. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–6.

Assidik, G. K. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Yang Interaktif Dan Kekinian. Prosiding SAGA, 1, 242–246. www.seputarriau.co,

Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh Penerapan Media Poster Digital dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di Politeknik Negeri Padang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(1), 38–46. https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p038

Kumalasari, R. A., Sutejo, & Astuti, C. W. (2020). Media katak ciamis untuk meningkatkan keterampilan klasifikasi informasi teks berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(1), 62–66.

Mulyadi, U. A., Rohayati, N., & Rukaesih, D. (2021). Penggunaan Media Video Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita ( Alternatif Model Media Pembelajaran Ditengah Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas VIII MTS Cijambe Kab Tasikmalaya ). Jurnal Diksatrasia, 5(1), 194–197.

Nalsalina, W. (2021). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran Fabel Siswa SMPS Laboraturium Undiksha Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Noermanzah, & Suryadi. (2020). Improving Students’ Ability to Analyze Discourse through the Moodle-based Blended Learning Method. English Review: Journal of English Education, 9(1), 81–94. https://journal.uniku.ac.id/index.php/ERJEE

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Sistadewi, M. A. (2021). Penggunaan media Youtube dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa sekolah tatap muka terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa, 10(2), 186–194.

Sobaih, A. E. E., Hasanein, A., & Elshaer, I. A. (2022). Higher Education in and after COVID-19: The Impact of Using Social Network Applications for E-Learning on Students’ Academic Performance. Sustainability (Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095195

Unannudin, A. (2023). Potensi pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran efektif teks berita bahasa Indonesia di sekolah. Sitasi Ilmiah: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10.

Diterbitkan

2023-03-31

Terbitan

Bagian

Articles