PENERAPAN MEDIA GAMBAR POHON IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIB SD LABORATORIUM UNDIKSHA

Authors

  • Ni Komang Sudiartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gde Artawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.57966

Keywords:

peta pikiran, pembelajaran, puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah pembelajaran yang ditempuh oleh guru dalam menerapkan media pohon imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VI SD Laboratorium Undiksha. (2) kendala yang dihadapi guru. (3) respons siswa terhadap penerapan media pohon imajinasi dalam  pembelajaran menulis puisi siswa kelas VI SD Laboratorium Undiksha. Penelitian ini menggunakan rancangan deskripstif kualitatif dan deskritif kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Laboratorium Undiksha dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD Laboratorium Undiksha. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan media pohon imajinasi yang merupakan perwujudan dari metode peta pikiran. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa metode yakni: (1) metode observasi, (2) metode wawancara, (3) metode kuisioner untuk. Melihat respon siswa terhadap penggunaan media imajinasi dalam penulisan puisi. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan media gambar pohon imajinasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas VI SD Laboratorium Undiksha berlangsung dengan baik, (2) kendala-kendala guru dalam penerapan metode peta pikiran pada pembelajaran bahasa indonesia kelas VI SD Laboratorium Undiksha ialah yang pertama sulitnya mencari topik yang tepat untuk mendukung pembelajaran di kelas, belum dibagikan buku teks bahasa Indonesia edisi terbaru kepada guru dan siswa, membuat pelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis puisi menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan susahnya guru memberikan motivasi kepada beberapa siswa yang tidak suka dengan pembelajaran sastra, salah satunya adalah menulis teks puisi dan, (3).respons siswa terhadap penerapan media gambar pohon imajinasi di kelas VI SD Laboratorium Undiksha sangat positif (27,9).

References

Agusrita.(2020) Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar.Jurnal Basicedu,4(3),605-609.

Algesindo.Aminuddin. (2002). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru

Ani Rahmawati.(2016).Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Model Snowball Throwing dan Media Pohon Kata Pada Siswa Kelas VII E SMP N 6 Surakarta.Jurnal s2 Pendidikan Bahasa Indonesia ,1(1),91-99.

Annurahman.(2013).Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Alfabeta.

Arsyad.Azhar.(2010). Media Pembelajaran.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Asri Susetyo.(2019).Efektifitas Penggunaan Media Pohon Puisi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi di Kelas IV SDN Jeruk 1/469 Surakarta. JPGST,6(8),1319-1328.

Depdiknas. (2004). Kerangka dasar Kurikulum. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Huda Miftahul.(2014).Model- model Pengajaran dan Pembelajaran .Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Hudojo, Purmiasa.( 2002). Model Pembelajaran dan Hasil Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Husein, Umar. (2005). Metode Penelitian. Jakarta. Salemba Empat.

Indiati Dian.(2018).Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik.Junal Imiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.1(5),604-609.

Indiati Dian.(2022). Pembelajaran Menulis Puisi Melalui Media Diagram Pohon di Kelas IV SD .Edu Cendikia:Jurnal Kependidikan.2(1),172-178.

Jabrohim(Ed). Muhammadiyah.( 2003). Metodologi Penelitian sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Kawulan Hestu Nodya.(2012).Perbandingan Efektifitas Teknik Mind Mapping (Peta Pikiran ) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi .Artikel:Universitas Pendidikan Indonesia.

Keraf, Gorys.(2005).Diksi dan Gaya Bahasa.Jakarta.Gramedia Pusaka Utama.

Kusumaningsih Devi,dkk.(2013).Terampil Berbahasa Indonesia .Yogyakarta:Penerbit Andi

Miftakhul Hidayati.(2019).Keefektifan Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual untuk Siswa SMP Kelas VIII.J-SIMBOL(Bahasa ,Sastra,dan Pembelajarannya),7(3),1-7.

Nurjani.(2020).Peningkatan Hasil Belajar Menulis Puisi dengan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.Jurnal TADIB,23(1),19-27.

Pradopo, Rachmat Djoko. (2002). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Ratnawati. (2011).Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III SDN 08

Rio Kurniawan.(2022).Kemampuan Menulis Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas VIII SMPN 21 AIR Periukan Seluma.Jurnal Ilmiah Korpus,6(1),74-84.

Sanaky. A.H Hujair.( 2009). Media Pembelajaran. Jogyakarta: Safiria.

__ .(2014).Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung :Alfabeta

Suandi, I Nengah. (2008).Pengantar Metodologi Penelitian.Singaraja.Universitas Pendidikan.

Sudjana. Nana, Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2016).Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif dan R&B.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharianto.( 2005). Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang. Rumah Indonesia.

Sutrisno, Hadi. (2004). Metodologi. Yogyakarta. Andi.

Tarigan,Henry Guntur.(2008).Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tahta Qurotu.(2018).Penggunaan Media Gambar dalam Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar.Jurnal Dirasah,1(1),51-65.

Downloads

Published

2022-09-29

Issue

Section

Articles