PENILAIAN DALAM MENULIS TEKS BERITA BERIORIENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.64714Keywords:
kurikulum merdeka, penilaian, teks beritaAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka dari berbagai aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru Bahasa Indonesia, salah satu kelas yang diajar oleh guru bersangkutan yaitu kelas VII Melati dengan jumlah 40 siswa dan objek penelitian mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan kendala yang dihadapi oleh guru dalam penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka di kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diolah secara induktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini berupa perencanaan penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka dapat membantu guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakan agar tujuan tercapai, pelaksanaan penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka menggunakan tiga tes yakni teks diagnostik, formatif, dan sumatif, dan kendala yang dihadapi oleh guru Bahasa Indonesia pada saat melaksanaan penilaian menulis teks berita beriorientasi Kurikulum Merdeka yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, minimnya partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, dan jumlah siswa yang terlalu banyak yang menyebabkan penilaian sedikit lebih sulit.
References
Adinda, dkk. 2021. Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Article Review, 2(1), 1-10.
Amelia, dkk. 2020. Sistematika Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Daring di Rumah Lewat Televisi Saat Terjadinya Covid-19. Wahana Didaktika, 18(2), 120-131.
Andriani, dkk. 2022. Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Melalui Media Youtube. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 19-27.
Anggara, dkk. 2023. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 1899-1904.
Ari, dkk. 2019. Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal PROFIT, 6(2), 167-175.
Arizal, dkk 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube Pada Siswa KELAS VIII SMP Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2), 50-59.
Aryani, dkk. 2023. Hubungan Pemahamahan 5W+1H dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta Tiga Bukit Kec. Barus. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Basasasindo, 4(1), 23-30.
Burhannudin. 2020. Penerapan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs NU Raudlatul Muallimin Weduk Demak.
Dewi, dkk. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Petang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Deiksis, 4(1), 9-24
Divanda, dkk. 2019. Implementasi Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gemolong). Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 6(2), 1-9.
Ekawati. 2022. Pengembangan Instrumen Penilaian Formatif Berupa Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Berbantuan Aplikasi Jotform Pada Materi Perbandingan Kelas VII.
Ermiyanto, dkk. 2023. Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 4 Padang Panjang. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 5(1) 166-177.
Faiz, dkk. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2) 2846-2853.
Hamdi, dkk. 2022. Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1) 10-17.
Hastri, dkk. 2022. Kontribusi Profil Pelajar Pancasila Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1 91-101.
Juliana, dkk. 2022. Assesment Pembelajaran Bahasa Indonesia SMPIT Al-Azhar Kota Jambi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 4(1) 164-173.
Kurniasari, dkk 2019. Keakuratan Teks Berita Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas VIII di SMP N 3 Polanharjo.
Koroh, dkk. 2022. Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Muhammadiyah Ende. Jurnal Nauli, 2(1) 10-16.
Mustika. 2022. Optimalisasi Tes Diagnostik Berbasis IT dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Mutu Pembelajaran Bahasa Bali Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, XII(2) 13-22.
Nasucha. 2022. Prosedur Pengembangan dan Karakteristik Assesment dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Keislaman, 2(1) 34-40.
Nasution. 2021. Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1) 135-142.
Nathasia. 2022. Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang. Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3) 227-245.
Pratiwi, dkk. 2018. Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4).
Putri, dkk. 2022. Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Tindakan Kelas, 3(1) 18-27.
Rahayu, dkk. 2022. Implementasi Kurkulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4).
Riowati. 2022. Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar Untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal Of Education and Instruction, 5(1) 1-16.
Sibagariang. 2021. Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2) 89-99.
Supriyadi, dkk. 2022. Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 63-69.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ida Rifaniah Rinjani, Ni Made Rai Wisudariani, I Putu Mas Dewantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)