ANALISIS PROBLEMATIKA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI SEKOLAH DASAR

PROBLEMATIC ANALYSIS IN THE IMPLEMENTATION OF POETRY WRITING LEARNING MODELS IN PRIMARY SCHOOLS

Authors

  • Thiani Nurussaadah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.79550

Keywords:

keterampilan menulis, puisi, sastra

Abstract

Puisi memungkinkan siswa untuk menuangkan ide, perasaan, menghargai keindahan bahasa dan pengalaman mereka dengan cara yang unik dan personal. Dalam kenyataannya, penerapan model pembelajaran menulis puisi di sekolah dasar seringkali dihadapkan pada berbagai problematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai problematika penerapan pembelajaran menulis puisi di sekolah dasar, faktor penyebabnya, serta solusi atas masalah yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data yang didapat dari hasil wawancara. Subjek penelitian merupakan tiga orang guru kelas, yaitu guru kelas IV, kelas V, dan kelas VI. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran menulis puisi di SD di Tasikmalaya masih dinilai kurang. Faktor yang menjadi penyebab di antaranya adalah keterbatasan buku bacaan yang relevan, serta penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai. Hal ini menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik dan hasil pemahaman terhadap menulis puisi. Solusi yang ditawarkan atas masalah adalah dengan mengembangkan model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang menyenangkan serta disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik siswa.

References

Afiani, A., Aryanto, S., & Gumala, Y. (2022). Implementation Of Contextual Learning Models To Improve Poetry Writing Skills Based On Ecoliteracy At Elementary School. International Journal of Education Language and Religion, 4(2), 68. https://doi.org/10.35308/ijelr.v4i2.5624

Afifah Meiliyana, & Ade Hikmat. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1047–1055. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2816

Alfulaila, N., Haryadi, H., Sudrajat, A., & Nashrullah, N. (2019). The Effectiveness Of Multicultural Approach In Writing Achievement Of Indonesian Language Among Islamic Elementary School Students. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(2), 366-376. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23440

Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848

Binasdevi, M., Laily, I., Udin, T., Maufur, S., & Ummah, I. (2022). The Effects Of Problem-Based Learning Model With Environmental Literacy-Oriented On The Elementary School Students' Narrative Writing Skills. Al Ibtida Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(1), 119. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i1.10494

Fitriani, N. H., & Huda, N. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Terhadap Materi Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Banjarmasin. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 65–69. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.359

Fitriyani, W. and Solihati, N. (2022). The Effect Of Powtoon-Based Audiovisual Media On Indonesian Language Learning Outcomes. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 148-154. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46996

Gusman, F. (2021). Digital Flipbook-Based Teaching Material For Writing Poetry In Elementary School. Indonesian Journal Of Primary Education, 5(1), 70-81. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.35570

Ismawati, I., Parmiti, D., & Sudatha, I. (2023). Interactive Learning Media In Fifth-Grade Indonesian Elementary School Subjects. International Journal Of Elementary Education, 7(1), 143-153. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.57911

Kharisma, A., Hartati, T., Damaianti, V., Solehuddin, M., & Chandra, C. (2022). Self Regulated Development Learning Model Based On Local Culture To Improve Elementary School Students’ Explanatory Writing Skills. Journal Of Curriculum And Teaching, 11(8), 196. https://doi.org/10.5430/jct.v11n8p196

Marwanto, M. (2021). The Role Of Teachers In Increasing Student Motivation On Learning Indonesian Language. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(2), 273-284. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v20i2.33066

Purba, N. A., Sidebang, R., & Simanungkalit, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa melalui Penggunaan Media Diorama pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4414

Puspita, R., Sunendar, D., Musthafa, B., & Agung, R. (2017). Improving Students Reading Comprehension Ability Through Integrated Thematic Learning With School Literacy Movement Support. Jurnal Pendidikan Humaniora, 5(3), 99-103. https://doi.org/10.17977/um030v5i32017p099

Ramadhani, N. and Putra, M. (2023). Animation Learning Media In Improving Narrative Writing Skills Of Elementary School Students. Edukasiana Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 123-129. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.365

Rindawati, T., Thamrin, L., & Lusi. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa SD LKIA. Jurnal Tunas Bangsa. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/1722

Ula, N., Purwanti, P., Prasetya, T., Sumarni, W., & Marwoto, P. (2022). Teacher's Perception Of The Synectic Model And Problem-Based Learning On Poetry Writing Skills In Class Iv Elementary School. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14(3), 4619-4628. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.2228

Winarni, R., Slamet, S., & Syawaludin, A. (2022). Indonesian Textbook Based On Character Education Through Active Learning For The Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 39-47. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.43470

Yono, R. R., Premana, A., & Ubaedillah, U. (2022). Pelatihan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Abdimas Unwahas, 7(2), 184–189. https://doi.org/10.31942/abd.v7i2.7507

Yuliani, E. (2024). Problematika dalam Meningkatkan Apresiasi Sastra Di SMA Menggunakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Sitasi Ilmiah, 2(1), 67–74.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles