PENGGUNAAN FILM PENDEK KISAH INSPIRATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN
THE USE OF INSPIRATIONAL SHORT FILM STORIES IN IMPROVING SHORT STORY WRITING SKILLS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.79954Keywords:
kisah inspiratif, media film pendek, teks cerpenAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media film pendek kisah inspiratif dalam pembelajaran menulis teks cerpen, peningkatan hasil belajar siswa, dan respons siswa kelas IX.E SMP Negeri 3 Singaraja dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan film pendek kisah inspiratif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan angket. Temuan penelitian menunjukkan penggunaan video narasi pendek inspiratif dalam pembelajaran menulis teks cerpen menekankan pada persiapan media dan pengelolaan kelas yang efektif. Penggunaan film-film tersebut membantu siswa menjadi lebih mahir dalam menulis cerita pendek. Nilai rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 60 (cukup). Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,40 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,28. Siswa memberikan respons yang baik terhadap penggunaan media film pendek inspiratif.
References
Abdul Rahman Hamid dan Muhammad Saleh Madjid. 2011. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Agustina, Komang Ayu. 2015. “Pemanfaatan Film Pendek untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Gerokgak”. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Undiksha Singaraja.
Barus, Ira Wati. 2018. “Peningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Media Film Pendek pada Siswa Kelas IX.13 SMP Negeri 2 Singaraja”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah,Undiksha Singaraja.
Candiasa, I Made. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Herdis, Natasya, dkk. 2022. “Efektivitas Media Senyap Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa MA AI Ahliyah”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran “JDPP”. 10(2), 217-226.
Irmandari, Ade. 2023. “Penggunaan Media Film Pendek Berganti Judul Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI OTKP 1 SMK As-Syafi’yah Jakarta.” Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Uin Syahrif Hidayatullah.
Isodarus, Praptomo Baryadi. 2017. “Pembelajar Bahasa Indonesia Berbasis Teks Program Studi Sastra Indonesia”. SINTESIS Jurnal Ilmiah Budaya, 11(1), 1-11.
Jarwanto. 2015. “Pemanfaatan Kisah Inspiratif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Mendeskripsikan Pranata Sosial Dan Penyimpangan Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Saradan Tahun 2015”. Jurnal Bioma.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS). Jakarta.
Pasaribu, Oktavia Lestari. 2019. “Pemanfaatan Media Visual dalam Menulis Cerita Pendek pada Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU”. Pena Literasi, 2(1), 39-46.
Priadi, Beni Agus. 2010. Langkah-langkah Pelaksanaan Video Kisah Inspiratif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sembiring, Herdilla. 2022. “Pemanfaatan Channel YouTube Trans Food Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII 3 SMP Swasta Masehi Berastagi.” Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Undiksha Singaraja.
Simanjuntak, Fitri Pebriani. 2019. “Pengaruh Menonton Film Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Medan Universitas HKBP Nomensen Medan”. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 1(2), 107-116.
Suharma, dkk. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor: PT. Percetakan Ghaliah Indonesia.
Sukirman, S. 2020. “Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah”. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia Bagi Siswa SMA. Jakarta: Erlangga.
Tarigan, Apriyani. 2023. “Penggunaan Media Tiktok HI_ERISA untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedural Siswa Kelas VII SMP Katolik Saint Paul Singaraja.” Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Undiksha Singaraja.
Wendra, I Wayan. 2010. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Univeritas Pendidikan Ganesha.
Wendra, I Wayan. 2019. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Univeritas Pendidikan Ganesha.
Wendra, I Wayan, 2021. Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Wijayama, B. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VI”. Jurnal Kreatif: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 193.
Winarni. 2022. “Pengembangan Media SH POP Untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktik Pendidikan Dasar, 6(3), 877.
Wulandari, Amelia Putri, dkk. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar”. Jurnal Pendidikan, 5(2): 3928-36. doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dios Kaspari Ginting, Ida Ayu Made Darmayanti, I Gede Nurjaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)