PENERAPAN MODEL TREFFINGER BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERITA

APPLICATION OF THE TREFFINGER MODEL BASED ON AUDIO VISUAL MEDIA IN LEARNING TO READ NEWS TEXTS

Authors

  • Rai Kompyang Dewi Anjani Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.79987

Keywords:

audiovisual, model pembelajaran treffinger, teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Treffinger berbasis media audio visual terhadap pembelajaran membaca teks berita bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi, menelaah respons siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi terhadap penerapan model pembelajaran Treffinger berbasis audio visual dalam membaca teks berita, dan mengevaluasi hasil belajar model pembelajaran Treffinger berbasis media audio visual dalam pembelajaran membaca teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara kemudian dilakukan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan untuk menjawab ketiga rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Model Treffinger dan media audio visual berhasil meningkatkan keaktifan dan kemampuan membaca teks berita siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mengwi. Hasil wawancara dengan guru dan siswa di SMP Negeri 2 Mengwi, penerapan model pembelajaran Treffinger berbasis media audiovisual dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki dampak positif. Model ini terbukti meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan ide, meningkatkan keaktifan, berpikir kritis, serta minat siswa dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran membaca teks berita. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat secara signifikan dengan penggunaan model pembelajaran ini, mengubah kelas siswa dari pasif menjadi aktif.

References

Afnan, A., M. Ikhsan, & M. Duskri. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Treffinger. Numeracy, 7(1). https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1037

Aneros, N., Permatasari, I., Bachri, A. S., & Juangsih, J. (2020). Penerapan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Karangan Bahasa Jepang (Sakubun). Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 4(2). https://doi.org/10.18196/jjlel.4239

Asipi, L. S., Rosalina, U., & Nopiyadi, D. (2022). The Analysis of Reading Habits Using Miles and Huberman Interactive Model to Empower Students’ Literacy at IPB Cirebon. International Journal of Education and Humanities, 2(3). https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i3.98

Fauziah, S. M. (2015). Faktor Sosiokultural Dalam Pemakaian Bahasa. Zawiyah; Jurnal Pemikiran Islam, 1(1).

Hasanah, H. A., Sukardi, S., & Wadi, H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Paedagogy, 9(4). https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5660

Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354

Lasaiba, M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 2 Ambon. Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 1(1).

Latifah, S., Basyar, S., & Sasmiyati, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kecakapan Berpikir Rasional Peserta Didik. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2).

Maulidiya, M., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1882

Muharni, L. P. J. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01). https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.685

Ni’mah, U. (2022). Penerapan Model Treffinger Bernuansa Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i3.301

Notosusanto, N., & Salimi, A. (2013). Peningkatan hasil belajar membaca memindai dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7).

Nurhasanah, N., Effendi, D., & Utami, P. I. (2020). Konflik Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Arini Masih Ada Kereta yang Akan Lewat Karya Mira W. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10404

Nurjanah, E. S. (2019). The Application Of Treffinger Learning Model In Improving Students’ Mathematical Communication Skill and Their Confidence. PRISMA, 8(2).

Nursilawati, I., Nurhikmayati, I., & Santoso, E. (2019). Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA.

Pramesti, U. D., Sastromiharjo, A., Anshori, D. S., & Mulyati, Y. (2022). Survei Pembelajaran Menulis Teks Berita Sebagai Refleksi Literasi Membaca Siswa. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.21000

Prasetiyo, W. E. (2022). Urgensi Pendidikan untuk Kemanusiaan. IAIN Metro.

Puspita, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Untuk Pokok Bahasan Bunyi Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Skripsi.

Putri, L. A., & Panggabean, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1).

Riani, R., Ali, M., & Kendek, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Metode Eksperimen menggunakan Alat Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(2). https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i2.10435

Ridhiyani, S., Sukardi, & Masyhuri. (2022). Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa dan Pengaruhnya terhadap Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1).

Rifa’i, R. (2020). Pengaruh Media YouTube terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pai di Sman 1 Gondang Tulungagung. UIN SATU Tulungagung.

Septiani, D., & Susanti. (2021). Urgensi Pembelajaran Inkuiri di Abad ke 21: Kajian Literatur. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari, Ed.; Alfabeta). Alfabeta.

Suhana, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Siswa Kelas Vii-B Smp Negeri 1 Cimenyan. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 5(2). https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1472

Wulan, E. R. dan R. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121

Zega, S. S., Lase, S., & Mendrofa, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 4 Gunungsitoli. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5). https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1356

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles