PENERAPAN MODEL TREFFINGER BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BERITA
APPLICATION OF THE TREFFINGER MODEL BASED ON AUDIO VISUAL MEDIA IN LEARNING TO READ NEWS TEXTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i1.79987Keywords:
audiovisual, model pembelajaran treffinger, teks beritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Treffinger berbasis media audio visual terhadap pembelajaran membaca teks berita bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi, menelaah respons siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi terhadap penerapan model pembelajaran Treffinger berbasis audio visual dalam membaca teks berita, dan mengevaluasi hasil belajar model pembelajaran Treffinger berbasis media audio visual dalam pembelajaran membaca teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara kemudian dilakukan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan untuk menjawab ketiga rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Model Treffinger dan media audio visual berhasil meningkatkan keaktifan dan kemampuan membaca teks berita siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mengwi. Hasil wawancara dengan guru dan siswa di SMP Negeri 2 Mengwi, penerapan model pembelajaran Treffinger berbasis media audiovisual dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki dampak positif. Model ini terbukti meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan ide, meningkatkan keaktifan, berpikir kritis, serta minat siswa dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran membaca teks berita. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat secara signifikan dengan penggunaan model pembelajaran ini, mengubah kelas siswa dari pasif menjadi aktif.
References
Afnan, A., M. Ikhsan, & M. Duskri. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Treffinger. Numeracy, 7(1). https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1037
Aneros, N., Permatasari, I., Bachri, A. S., & Juangsih, J. (2020). Penerapan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Karangan Bahasa Jepang (Sakubun). Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 4(2). https://doi.org/10.18196/jjlel.4239
Asipi, L. S., Rosalina, U., & Nopiyadi, D. (2022). The Analysis of Reading Habits Using Miles and Huberman Interactive Model to Empower Students’ Literacy at IPB Cirebon. International Journal of Education and Humanities, 2(3). https://doi.org/10.58557/ijeh.v2i3.98
Fauziah, S. M. (2015). Faktor Sosiokultural Dalam Pemakaian Bahasa. Zawiyah; Jurnal Pemikiran Islam, 1(1).
Hasanah, H. A., Sukardi, S., & Wadi, H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Paedagogy, 9(4). https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5660
Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354
Lasaiba, M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa MAN 2 Ambon. Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 1(1).
Latifah, S., Basyar, S., & Sasmiyati, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kecakapan Berpikir Rasional Peserta Didik. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2).
Maulidiya, M., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1882
Muharni, L. P. J. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01). https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.685
Ni’mah, U. (2022). Penerapan Model Treffinger Bernuansa Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i3.301
Notosusanto, N., & Salimi, A. (2013). Peningkatan hasil belajar membaca memindai dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7).
Nurhasanah, N., Effendi, D., & Utami, P. I. (2020). Konflik Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Arini Masih Ada Kereta yang Akan Lewat Karya Mira W. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.10404
Nurjanah, E. S. (2019). The Application Of Treffinger Learning Model In Improving Students’ Mathematical Communication Skill and Their Confidence. PRISMA, 8(2).
Nursilawati, I., Nurhikmayati, I., & Santoso, E. (2019). Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA.
Pramesti, U. D., Sastromiharjo, A., Anshori, D. S., & Mulyati, Y. (2022). Survei Pembelajaran Menulis Teks Berita Sebagai Refleksi Literasi Membaca Siswa. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.21000
Prasetiyo, W. E. (2022). Urgensi Pendidikan untuk Kemanusiaan. IAIN Metro.
Puspita, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Untuk Pokok Bahasan Bunyi Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Skripsi.
Putri, L. A., & Panggabean, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 1(1).
Riani, R., Ali, M., & Kendek, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Metode Eksperimen menggunakan Alat Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(2). https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i2.10435
Ridhiyani, S., Sukardi, & Masyhuri. (2022). Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Lembar Kerja Siswa dan Pengaruhnya terhadap Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1).
Rifa’i, R. (2020). Pengaruh Media YouTube terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pai di Sman 1 Gondang Tulungagung. UIN SATU Tulungagung.
Septiani, D., & Susanti. (2021). Urgensi Pembelajaran Inkuiri di Abad ke 21: Kajian Literatur. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (S. Y. Suryandari, Ed.; Alfabeta). Alfabeta.
Suhana, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Siswa Kelas Vii-B Smp Negeri 1 Cimenyan. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 5(2). https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1472
Wulan, E. R. dan R. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
Zega, S. S., Lase, S., & Mendrofa, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 4 Gunungsitoli. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5). https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1356
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rai Kompyang Dewi Anjani Putri, Ida Bagus Putrayasa, I Ketut Paramarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)