STRUKTUR DAN KEBAHASAAN CAPTION ENDORSEMENT SELEBGRAM SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI KELAS VIII SMP
SKILLS IN VARIING INDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN THE INDEPENDENT CURRICULUM IN GRADE VII OF SMP NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.80501Keywords:
caption endorsement selebgram, kebahasaan, struktur, teks iklanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan iklan yang terdapat pada caption endorsement selebgram serta relevansinya terhadap pembelajaran teks iklan di kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah caption endorsement selebgram sedangkan objek dalam penelitian ini adalah struktur dan kaidah kebahasaan. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh data, yaitu dari segi struktur, caption endorsement selebgram sudah mengandung struktur iklan berupa pengenalan produk/jasa dan deskripsi bagian produk/jasa, dari segi kebahasaan, caption endorsement yang diunggah selebgram sudah mengandung kaidah kebahasaan berupa bahasa persuasif, kata sifat, dan kata ganti , serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar teks iklan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP.
References
Afandi, Jimmy Prawira Samudra, Sherley, Veren, & Wisely Liang. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi danSosial, 5(1), 15-28. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/Komunikologi/article/view/9272
Agustin, R. J. P., & Astuti, C. W. (2021). Bahasa Persuasif pada Iklan Kosmetik di Televisi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1). https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/83/89
Ariani, T. (2020). Strategi Ustadzah Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Mahasiswi Angkatan ke VI pada Program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Aslami, R., & ZA, M. F. (2023). Penggunaan Aplikasi Nearpod dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII MTS Negeri 3 Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosiding Samasta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/415-426
Azzahra, A. A., Izzuddin, A., Hanifah, J. R., Ilham, M. A., Tarigan, Y. T. B., & Nurhayati, E. (2024). Kajian Bahasa dalam Konteks Influencer Marketing: Pengaruh Pemakaian Bahasa dalam Pemasaran Akun Selebgram@ Fadiljaidi. Economic Reviews Journal, 3(1), 192-203. https://www.mes-bogor.com/journal/index.php/mrj/article/view/119
Barita, Toras. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Konstektual pada Materi Menulis Iklan di Kelas VIII SMP 2 Padangsidimpuan Sumatera Utara. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1), 27–35. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/4908
Dewi, N. P. S. S., & Wisudariani, N. M. R. (2022). Relevansi Caption Endorsement Selebgram sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Teks Iklan di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(2), 145-154. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/36120
Deri Wan Minto, D., & Rica Azwar, R. (2021). Penggunaan Kata Ganti terhadap Keberpihakan Penutur dalam Acara Mata Najwa di Trans7 Tentang UU Omnibus Law Cipta Kerja. JURNALBASICEDU, 5(06), 5352-5362. http://repositori.unusumbar.ac.id/9/
Febriani, Nadia. (2021). Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Celebrity Endorsement di Instagram Terhadap Generasi Z. Jurnal Manajeman Komunikasi,5(2), 238-258.
Hardilawati, Wan Laura. (2019). Endorsement Media Pemasaran Masa Kini. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 7(1), 88–98. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jim/article/view/920
Hartati, A. (2020). Endorsement sebagai Strategi Pemasaran Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Hayu Olshop Metro). (Doctoral dissertation, IAIN Metro). https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2903/
Kosasih. 2017. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta:Kemendikbud.
Maulina, Fatia, dkk. (2018). Penggunaan Bahasa Persuasi Iklan Komersial di Televisi dan Implikasinya di SMP. Jurnal Kata, 6(1), 1–8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/16398/11788
Moleong, Lexy J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nainggolan, V. Y. B., Yakob, M., & Nucifera, P. 2020. Penggunaan Bahasa Persuasif dalam Iklan Niaga Bergambar pada Surat Kabar Serambi Indonesia Tahun 2019. Jurnal Samudra Bahasa, 3(2), 26-40. https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/2501
Sebayang, B., & Kristina, T. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Iklan Niaga terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Persuasi di Kelas VIII SMP Negeri 31 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2670
Syafriani, S., Agustina, A., & Ngusman, N. (2018). Karakteristik Adjektiva dalam Iklan Majalah Gogirl!. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 13-27. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/ibs/article/view/9584
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Wendra, I Wayan. 2019. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wicaksono, M. S., & Yunitasari, D. 2018. Efektivitas Endorser dalam Promosi Pariwisata Indonesia. Jurnal Gama Societa, 1(1), 1-8. https://journal.ugm.ac.id/jgs/article/viewFile/34041/20299
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ida Ayu Kade Dwi Jayanti, Made Sri Indriani, Ade Asih Susiari Tantri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)