STRUKTUR DAN KEBAHASAAN CAPTION ENDORSEMENT SELEBGRAM SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI KELAS VIII SMP

SKILLS IN VARIING INDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN THE INDEPENDENT CURRICULUM IN GRADE VII OF SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Authors

  • Ida Ayu Kade Dwi Jayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sri Indriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ade Asih Susiari Tantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbsi.v14i3.80501

Keywords:

caption endorsement selebgram, kebahasaan, struktur, teks iklan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan iklan yang terdapat pada caption endorsement selebgram serta relevansinya terhadap pembelajaran teks iklan di kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah caption endorsement selebgram sedangkan objek dalam penelitian ini adalah struktur dan kaidah kebahasaan. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh data, yaitu dari segi struktur, caption endorsement selebgram sudah mengandung struktur iklan berupa pengenalan produk/jasa dan deskripsi bagian produk/jasa, dari segi kebahasaan, caption endorsement yang diunggah selebgram sudah mengandung kaidah kebahasaan berupa bahasa persuasif, kata sifat, dan kata ganti , serta hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar teks iklan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP.

References

Afandi, Jimmy Prawira Samudra, Sherley, Veren, & Wisely Liang. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi danSosial, 5(1), 15-28. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/Komunikologi/article/view/9272

Agustin, R. J. P., & Astuti, C. W. (2021). Bahasa Persuasif pada Iklan Kosmetik di Televisi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1). https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/83/89

Ariani, T. (2020). Strategi Ustadzah Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Mahasiswi Angkatan ke VI pada Program Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Aslami, R., & ZA, M. F. (2023). Penggunaan Aplikasi Nearpod dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII MTS Negeri 3 Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosiding Samasta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/415-426

Azzahra, A. A., Izzuddin, A., Hanifah, J. R., Ilham, M. A., Tarigan, Y. T. B., & Nurhayati, E. (2024). Kajian Bahasa dalam Konteks Influencer Marketing: Pengaruh Pemakaian Bahasa dalam Pemasaran Akun Selebgram@ Fadiljaidi. Economic Reviews Journal, 3(1), 192-203. https://www.mes-bogor.com/journal/index.php/mrj/article/view/119

Barita, Toras. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Konstektual pada Materi Menulis Iklan di Kelas VIII SMP 2 Padangsidimpuan Sumatera Utara. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1), 27–35. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/4908

Dewi, N. P. S. S., & Wisudariani, N. M. R. (2022). Relevansi Caption Endorsement Selebgram sebagai Bahan Ajar dalam Pembelajaran Teks Iklan di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(2), 145-154. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/36120

Deri Wan Minto, D., & Rica Azwar, R. (2021). Penggunaan Kata Ganti terhadap Keberpihakan Penutur dalam Acara Mata Najwa di Trans7 Tentang UU Omnibus Law Cipta Kerja. JURNALBASICEDU, 5(06), 5352-5362. http://repositori.unusumbar.ac.id/9/

Febriani, Nadia. (2021). Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Celebrity Endorsement di Instagram Terhadap Generasi Z. Jurnal Manajeman Komunikasi,5(2), 238-258.

Hardilawati, Wan Laura. (2019). Endorsement Media Pemasaran Masa Kini. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 7(1), 88–98. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jim/article/view/920

Hartati, A. (2020). Endorsement sebagai Strategi Pemasaran Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Hayu Olshop Metro). (Doctoral dissertation, IAIN Metro). https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2903/

Kosasih. 2017. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta:Kemendikbud.

Maulina, Fatia, dkk. (2018). Penggunaan Bahasa Persuasi Iklan Komersial di Televisi dan Implikasinya di SMP. Jurnal Kata, 6(1), 1–8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/16398/11788

Moleong, Lexy J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nainggolan, V. Y. B., Yakob, M., & Nucifera, P. 2020. Penggunaan Bahasa Persuasif dalam Iklan Niaga Bergambar pada Surat Kabar Serambi Indonesia Tahun 2019. Jurnal Samudra Bahasa, 3(2), 26-40. https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/article/view/2501

Sebayang, B., & Kristina, T. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Iklan Niaga terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Persuasi di Kelas VIII SMP Negeri 31 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2670

Syafriani, S., Agustina, A., & Ngusman, N. (2018). Karakteristik Adjektiva dalam Iklan Majalah Gogirl!. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 13-27. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/ibs/article/view/9584

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Wendra, I Wayan. 2019. Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Proposal Penelitian, Skripsi, dan Artikel). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wicaksono, M. S., & Yunitasari, D. 2018. Efektivitas Endorser dalam Promosi Pariwisata Indonesia. Jurnal Gama Societa, 1(1), 1-8. https://journal.ugm.ac.id/jgs/article/viewFile/34041/20299

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles