PEMANFAATAN PORTAL/WEB E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Penulis

  • Firda Lailia Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Dewa Gede Budi Utama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20263

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesi kelas XI dan siswa kelas XI (XI IPA 2 dan XI IPA 3). Objek penelitian ini adalah pemanfaatan e-learning. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan angket. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan, penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Singaraja dilakukan dengan memanfaatkan 3 portal/web (Rumah Belajar, Edmodo, dan Email).

Diterbitkan

2019-09-05

Terbitan

Bagian

Articles