Penerapan Metode Sugesti Imajinasi Menggunakan Media Gambar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20318Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan metode sugesti imajinasi menggunakan media gambar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi, 2) respon siswa kels VII C SMP Negeri 4 Kawan terhadap penerapat metode sugesti imajinasi menggunakan media gambar berbasis kearifan loka. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan metode tes, angket, dan observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitataif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Rata-rata skor keterampilan menulis teks deskripsi siswa pada siklus I adalah 74,22 dengan persentasenya 74,22%, sedangkan pada siklus II, rata-rata skor keterampilan menulis teks deskripsi siswa adalah 84,38 dengan persentase sebesar 84,38%. 2) terdapat peningkatan persentase kemampuan membaca pemahaman siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10,16%, 3) terdapat peningkatan respon siswa setelah penerapan metode sugesti imajinasi menggunakan media gambar berbasis kearifan lokal, dari 74,22% menjadi 84,38%, yang berarti bahwa penerapan metode pembelajaran memperoleh respon yang sangat positif dari siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi menggunakan media gambar berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)