TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH

Penulis

  • Rina - Kurniawati Universitas Jambi
  • Mujiyono - Wiryotinoyo Universitas Jambi
  • Kamarudin Kamarudin Universitas Jambi

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia, Ilokasi, Pembelajaran, Tindak Tutur

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur ilokusi guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan fungsi yang mengikat tindak tutur ilokusi guru dan peserta didik baik tindak tutur ilokusi asertif, direktif, ekspresif, komisif, maupun deklaratif pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Manfaat teoretis mengembangkan ilmu pengetahuan tentang tindak tutur ilokusi dalam pembelajaran. Manfaat praktisnya adalah memperkaya wawasan dalam tindak tutur guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan situasi percakapan di dalam kelas pembelajaran bahasa Indonesia. Data penelitian percakapan guru dan peserta didik  pada pembelajaran bahasa Indonesia y. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan semua fungsi tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif ditemukan pada saat pembelajaran di kelas. Tindak ilokusi yang mengikat pada tuturan guru dan peserta didik adalah tindak tutur ilokusi direktif. Hendaknya sivitas akademik mulai dari guru dan tenaga kependidikan mampu menggunakan tindak tutur ilokusi direktif dengan tepat dalam aktivitas di lingkungan sekolah/ madrasah untuk meningkatkan kompetensi berkomunikasi secara lisan demi mewujudkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Biografi Penulis

Rina - Kurniawati, Universitas Jambi

Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Referensi

Amal, D. Y., Aliyah, M., Sampit, N., Arsyad, J. H. M., Mentawa, N., & Hulu, B. (2022). Tindak Tutur Direktif Di Madrasah Aliyah Negeri Sampit ( Directives Speech Acts In Madrasah Aliyah Sampit ). Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 12(1), 94–110. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbsp.v12i1.13048

Anshory, I., Deviana, T., Maharani, ), & Kumalasani, P. (2018). Analisis Layanan Instruksional Guru Sekolah Dasar (Sd). Maret, 2(1), 1–9.

Artati, A., Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Jurnal Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 43–57. DOI: 10.33369/diksa.v6i1.9687

Dwijayanti. (2022). Tindak Tutur Ilokusi Peserta Didik Dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia| Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA). (n.d.). Retrieved June 2, 2022. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/3275

Fitriana, A. R. N., Rakhmawati, A., & Waluyo, B. (2020). Analisis Tindak Tutur Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 74. https://doi.org/10.20961/basastra.v8i1.41939

Hasanah, S., & Widodo, M. (2017). Tindak Tutur Guru dan Siswa SMP Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Implikasinya. J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 5, 1–9.

Islamiati, Joty. (2022).Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Teks Persuasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 474 - 486. DOI:https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, D., Riset, K., dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, T., Budiman Yusuf, A., Karim, A., Devi, S. S., & Muhammadiyah Makassar, U. (2021). Telaah Tindak Tutur Ilokusi Guru Dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia. KredO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2), 402–424. DOI: 10.24176/kredo.v4i2.5939

Kurniawaty, Imas, (2022). Kesantunan Berbahasa Sebagai Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2156 - 2163. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Maria, U., & Wiryotinoyo, M. (2019). Implikatur Percakapan dalam Komunikasi Guru dan Staf di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi . MPBSI Universitas Jambi Info Artikel Pendahuluan Suatu komunikasi dikat. DIKBASTRA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(2), 30–37.

Nadzifah, Z. N., & Yudi Utomo, A. P. (2020). Tindak Tutur Perlokusi pada Dialog Film “Keluarga Cemara” Karya Yandy Laurens. Jurnal Dinamika, 3(2), 43. DOI: 10.35194/jd.v3i2.960

Ningsih, S, Mahyuddin N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137-149. DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.1217

Nugraha, A. A. (2017). Jenis Tindak Tutur dan Implikatur Percakapan dalam Iklan Layanan Masyarakat BKKBN Pada Media Elektronik Periode Tahun 2010-2016.

Oktavia, W, Manaf, N. (2002). Strategi Bertutur dalam Tindak Tutur Ekspresif Siswa pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu. (n.d.). Retrieved June 5, 2022, DOI: 10.31004/basicedu.v6i3.2783

Prasetiyo, D. D. (2018). Tindak Tutur Langsung dan Tak Langsung dalam Naskah Drama Asmarangkara Karya Trias Kurniawan. 1–13.

Putra, A. P., Masnunah, M., & Nufus, H. (2022). Kesantunan Imperatif pada Kesenian Senjang Musi Banyuasin. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 655-661. https://irje.org/index.php/irje

Rahmayani, Sugiarti, dewi herlina, & Maspuroh, U. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Proses Tawar Menawar dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Negosiasi di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4289–4300. DOI: 10.31004/edukatif.v3i6.1310

Saifudin, A. (2019). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(1), 1–16. DOI: 10.33633/lite.v15i1.2382

Safira, S. D., & Yuhdi, A. (2022). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Film Ali dan Ratu-Ratu Queens Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(01), 35-51. DOI: 10.47709/jbsi.v2i01.1499

Salfita, M., & Manaf, N. A. (2021). Tindak Tutur Direktif Menyuruh Tokoh Protagonis Dalam Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye/Directive Measuring of Protagonic Characters in Bidadari-Bidadari Surga Novel Karya Tere Liye. Jurnal Aksara, 33(1), 111–120. DOI: 10.29255/aksara.v33i1.504.111-120

Salma, S. (2022). Tindak Tutur Asertif dalam Indonesia Lawyers Club (ILC). Nuances of Indonesian Language, 2(2), 91–99. DOI: 10.51817/nila.v2i2.113

Susmita, N. (2019). Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 25. DOI: 10.29210/02353jpgi0005

Ulfa, R., & Astuti, N. (2022). Analisis TindakTutur Direktif dalam Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa di SMP Negeri 1 Bandar Dua. Aliterasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, 2(2), 82-91. Website Jurnal: http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt

Diterbitkan

2022-06-28

Terbitan

Bagian

Articles