PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DI KELAS X MIA 2 SMA LABORATORIUM UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbsi.v12i3.58035Kata Kunci:
evaluasi, pembelajaran, menulis puisiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis puisi dikelas X MIA 2 SMA Laboratorium Undiksha. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Labolatorium Undiksha. Subjek dari penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia di kelas X MIA 2 SMA Laboratorium Undiksha dan objek penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis puisi. teknik pengumpulan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analiais data yaitu dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, perencanaan evaluasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis puisi yaitu, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan evaluasi pembelajaran, menyusun instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis puisi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis puisi yaitu dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Jenis tes yang digunakan yaitu tes uraian, tes buatan guru. Kemudian jenis non tes digunakan dengan observasi secara langung melalui pengamatan sikap siswa, dan tes keterampilan yaitu dengan melakukan penilaian hasil menulis puisi siswa. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis puisi di kelas X MIA 2 SMA Laboratorium Undiksha yaitu pengelolaan waktu yang masih kurang efektif, kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menulis puisi, fokus siswa terhadap pembelajaran puisi masih kurang. Hasil evaluasi dari dari guru dalam pembelajaran menulis puisi ini akan memberikan keputusan bagi siswa untuk hasil belajar kedepannya agar lebih baik lagi.
Referensi
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik dan Prosedur). Jakarta: Rosda Karya
Arikunto, Suharsimi. 2015 Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2016 Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas. Tersedia Pada http:// ww. Dadangjsn.com/2016/01/download-pedoman-penilaian-pendidikan.html?m=1 (diakses tanggal 1/1/2020).
Fajrin, Sandya Dewi. 2015. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Akrostik pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 5 Banguntapan Bantul. Skripsi
Gunatama, Gede (2010) Buku Ajar Puisi (Teori, Apresiasi, Permaknaan dan Pembelajaran. Singaaja Universitas Pendidikan Ganesha
Haryanto. (2020) Evaluasi Pembelajaran; Konsep dan Manajemen. In UNY Press. https//staffnew.uny.ac.id/upload/131656343/penelitian/EVALUASI PEMBELAJARAN.pdf
Haryatna, Tri. (2014). Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas X SMA Santun Untan Pontianak. FKIP. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pontianak.
Isodarus, P. b. (2017) Pembelajaran Bahasa berbasis teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, II (1), 1-11.
Izza, A. z.m Falah, M., & Susilawati, S (2020) Stusy Literatue: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan
Kemendikbud. 2013. Buku Guru: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Magdalen, Ina. 2020. Evaluasi Pembelajaran ( Teori dan Praktik). Sukabumi: Jejak Publisher
Mahendra. Yudi (2016) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Menulis Teks Berita di Kelas VII SMP Negeri 3 Gerokgak. Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha (skripsi) tersedia di https//ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/8085/0
Nurgiyantoro, B. (2010) Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Pande. Suriani pada ((2019) Teknik Evaluasi Dalam Pembelajaran Mengontruksi Teks Anekdot Kelas X SMAN Se-Kecamatan Kubutambahan Pada Kurikulum 2013. Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha (skripsi) tersedia di https//ejornal.undiksha.ac.id/index.php/JPBSI/article/view/9084/2
Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media
Prijowuntato, S. Widanarto. 2016 Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Senata DharmaUniversityPress.
Ramadania, Farika. 2016 “Konsep Bahasa Berbasis Teks Pada Bubu Ajar Kurikulum 2013. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pegajarannya. 1 (1) hlmn 28
Sujarweni, Wiratna. “Metodologi Penelitian”. 2014 Yogyakarta PUSTAKABARUPRES
Wendra, I Wayan. 2014. Buku Ajar Penelitian Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Lita Sabila, I Nyoman Sudiana, Ade Asih Susiari Tantri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)